Hubungan antara Kredibilitas Host dengan Kepuasan Menonton Tayangan Program Talkshow "Sarah Sechan" di Net TV

Charisma Indriati Yuniar, Tresna Wiwitan

Abstract


Penelitian ini berjudul Hubungan Antara Kredibilitas Host Dengan Kepuasan Menonton Tayangan Program Talkshow “Sarah Sechan†dengan Studi Korelasional Kuantitatif Hubungan Antara Kredibilitas Host Dengan Kepuasan Menonton Tayangan Program Talkshow “Sarah Sechan†Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Cigadung.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional yaitu merupakan suatu metode penelitian yang mencoba meneliti hubungan di antara variabel-variabel. Teknik pengumpulan datanya adalah studi kepustakaan dan kuesioner kepada responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling cluster. Teknik cluster random sampling ini digunakan jika populasi yang dijumpai populasi yang heterogen. Populasi dipilih berdasarkan wilayah Kota Bandung, kemudian dirandom melalui kecamatan dan dipersempit kembali menjadi kelurahan dan didapat Kelurahan Cigadung RW 8, dengan jumlah responden 100 orang. Populasi disini adalah ibu rumah tangga di kelurahan Cigadung yang merupakan penonton televisi dengan beragam program salah satunya adalah program talkshow Sarah Sechan.

Berdasarkan hasil analisis peneliti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kredibilitas host dengan kepuasan menonton khalayak untuk program talkshow Sarah Sechan, dimana khalayak yang menjadi objek penelitian ini adalah ibu rumah tangga.

Keywords


Kredibilitas, Host, Talkshow, Teori Uses and Gratifications, Ibu Rumah Tangga

References


Ardianto, Elvrinaro. 2011. Metode Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: Raja Grafindo Persada.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Liliweri, Alo. 2007. Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Vamelza, Melia. 2014. Acara Televisi Terbaik di Indonesia. http://lensza.co.id/lookbook/acara-televisi-terbaik-di-indonesia/. Diakses pada 5 Maret 2015 pada pk. 16.37 WIB.

Wikipedia. 2015. Sarah Sechan (Acara Televisi). http://id.wikipedia.org/wiki/Sarah_Sechan_(acara_televisi). Diakses pada 6 Febuari 2015 pada pk. 19.33 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2995

Flag Counter   Â