Strategi Promosi Penjualan Bubur Ayam Yuyu melalui Media Whatsapp dalam Situasi Pandemi Covid-19

Sovi Sakyah, Maya Amalia O Palapah

Abstract


Abstract: Covid-19 pandemic has a big impact on entrepreneurs, Bubur Ayam Yuyu is no exception.  Promotional strategies are needed in order to survive in this situation. This study employed qualitative method using a case study approach. The data were collected using interview, observation, documentation, and library research. The data validity and analysis results were tested using the triangulation of sources and theories.  The results found that Bubur Ayam Yuyu conducted promotional strategies to increase its sales turnover which was in decline for some time.  There were three promotional strategies employed: pull strategy, push strategy, and pass strategy.  Promotional tools used were advertisement, promotional sales, and direct marketing using WhatsApp. In conducting promotional strategies, Bubur Ayam Yuyu also faced communication barriers such as different interpretations of the ongoing promotion and poor signal reception. Bubur Ayam Yuyu used WhatsApp as a media to conduct its promotional strategies because it was considered cheaper and more practical.

Key words: Promotional strategies, promotional mix, Covid-19

Abstrak: Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar bagi pelaku usaha, tidak terkecuali pada usaha kuliner Bubur Ayam Yuyu. Perlu dilakukannya strategi promosi agar dapat bertahan disituasi seperti saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Dalam menguji keabsahan data dan hasil penelitian menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan Bubur Ayam Yuyu melakukan strategi promosi agar dapat meningkakan kembali omset penjualan yang sempat turun beberapa waktu lalu.  Strategi promosi yang dilakukan dengan 3 teknik yaitu pull strategy, puss strategy dan pass strategy. Alat promosi yang digunakan terdiri atas iklan, promosi penjualan dan pemasaran langsung dengan menggunakan media WhatsApp. Dalam pelaksanaannya Bubur Ayam Yuyu juga mengalami hambatan komunikasi seperti pemahaman yang berbeda dari konsumen mengenai promosi yang sedang berlaku dan kendala gangguan penerimaan sinyal. Bubur Ayam Yuyu menggunakan media WhatsApp sebagai sarana dalam melakukan srategi promosinya dengan alasan, berpromosi melalui WhatsApp dinilai lebih murah dan praktis.

Kata Kunci: Strategi Promosi, Bauran Promosi, COVID-19


Keywords


Strategi Promosi, Bauran Promosi, COVID-19

Full Text:

PDF

References


Soemanagara, Rd. 2012. Strategic Marketing Communication. Bandung: Alfabeta

Kotler dan Keller. 2016. Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education,

Nasrullah, M.Si., D. R. 2018. Riset Khalayak Digital: Perspektif Khalayak Media dan Realitas Virtual di Media Sosial. Jurnal Sosioteknologi. Vol. 17. No.2.

Prihandini, Florensia, Pramono Hadi, A Sigit . (2021). Pengaruh Marketing Public Relations terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 57-70




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29703

Flag Counter