Analisis Implementasi Program Galuh Tour Kota Klasik (GATRIK) sebagai Upaya Promosi Pariwisata Kabupaten Ciamis

Rizki Fauzia Rahmat, Riza Hernawati

Abstract


Abstract— Program Galuh Tour Kota Klasik or abbreviated as GATRIK is a tour bus program managed by the Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) of Ciamis Regency as an effort to promote tourism in Ciamis Regency. This study aims to find out the entirety of the GATRIK Program starting from the planning, implementation process, the obstacles experienced and the reasons BP2D chose the GATRIK Program as one of the tourism promotion efforts in Ciamis Regency. This study uses a qualitative research method with a case study approach. The theory used in this research is the operational concept of public relations and tourism communication theory. This study focuses on using research questions, the authors conduct a literature study on books, journals, and other reference sources. This study conducted interviews with key informants and supporting informants. The results of this study are BP2D Ciamis Regency has succeeded in compiling the GATRIK program as a means of increasing tourism in Ciamis Regency, and its implementation is in accordance with the stages and flows that have been planned, although there are obstacles but can still be overcome.

Keywords: GATRIK, Promotion, Tourism

Abstrak— Program Galuh Tour Kota Klasik atau disingkat dengan sebutan GATRIK merupakan sebuah program bus wisata yang dikelola oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Kabupaten Ciamis sebagai salah satu upaya promosi pariwisata Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keseluruhan mengenai Program GATRIK mulai dari perencanaan, proses pelaksanaan, kendala yang dialami dan alasan BP2D memilih Program GATRIK sebagai salah satu upaya promosi kepariwisataan Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep operasional public relations dan teori komunikasi pariwisata. Penelitian ini memfokuskan dengan menggunakan pertanyaan penelitian, penulis melakukan studi literatur pada buku, jurnal, dan sumber referensi lain. Penelitian ini melakukan wawancara kepada informan utama dan informan pendukung. Hasil penelitian ini adalah BP2D Kabupaten Ciamis telah berhasil menyusun program GATRIK sebagai sarana meningkatkan pariwisata di Kabupaten Ciamis, dan pelaksanaannya sesuai dengan tahapan dan alur yang sudah direncanakan meskipun terdapat hambatan tetapi masih bisa diatasi.

Kata Kunci: GATRIK, Promosi, Pariwisata


Keywords


GATRIK, Promosi, Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2017. Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication): Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: KENCANA.

Herdiasnyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu- Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo. 2009. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar- Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbit Universitas (P2U)

Pujosuwarno, Sayekti. 1992. Penulisan Usulan dan Laporan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Lemlit IKIP Yogyakarta.

Bambang Sunaryo. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta:

Gava Media

Erni Trisnawati, Sule. 2005. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana

Harvianti, Rahmadhani Ayu , Kurniadi, Oji. (2021). Kampanye Komunikasi Ecotransport dalam Mengurangi Transportasi Pribadi. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 8-14




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29184

Flag Counter