Implementasi Konsultasi Kesehatan Mental melalui Fitur Instagram Live pada Akun Media Sosial Instagram @Seributujuan

Rheza Kristiaji, Ani Yuningsih

Abstract


Abstract. The COVID-19 pandemic, mental health in Indonesia has increased due to activity adjustments during the pandemic. The presence of Instagram social media as an application that is used to seek information and consultation, the Instagram account @seributujuan is one of the companies that is engaged in education, especially mental health. One of the activities carried out in carrying out mental health consultations is by conducting Instagram Live. The purpose of this study is to determine the communication strategy and utilization of Instagram accounts carried out by Seribu Tujuan. The method used in this research is a qualitative method with a case study approach of the constructivism paradigm. By using interview, observation, documentation, and literature study techniques in searching for data. While the theory used is in the form of communication strategy and persuasion theory.

Keywords: Communication Strategy, Persuasion Theory, Mental Health, Health Communication.

Abstrak. Dalam pandemi COVID-19, kesehatan mental di Indonesia semakin mengalami peningkatan dikarenakan adanya penyesuaian aktivitas dalam masa pandemi. Hadirnya media sosial Instagram sebagai salah satu aplikasi yang dimanfaatkan untuk mencari informasi dan konsultasi, akun Instagram @seributujuan merupakan salah satu perusahaan yang berada pada edukasi khususnya terahdap kesehatan mental. Salah satu aktivitas yang dilakukan dalam melaksanakan konsultasi kesehatan mental yaitu dengan melakukan Instagram Live.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi dan pemanfaatan akun Instagram yang dilakukan oleh Seribu Tujuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus paradigma konstruktivisme. Dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka dalam pencarian data. Sedangkan teori yang digunakan berupa strategi komunikasi dan teori persuasi.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Teori Persuasi, Kesehatan Mental, Komunikasi Kesehatan.


Keywords


Strategi Komunikasi, Teori Persuasi, Kesehatan Mental, Komunikasi Kesehatan.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. 2017. Metode Penelitian Untuk Public Relations Kualitatif dan Kuantitaif. Bandung. Simbiosa Rekatama Media. Hlm 117-118

Effendy, O. U. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Fajarudin, M. N. 2020. Kejamnya Sosial Media. Media Sosial Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. Bandung. Intrans Publishing Group. Hlm 11.

Liliweri, A. 2009. Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Hlm 52-53.

Liliweri, A. 2018. Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Hlm 53-54.

Liliweri, A. 2013. Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nasrullah, R. 2016. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung. Simbiosa Rekatama Media. Hlm 39.

Rakhmat, Jalaluddin, 2004. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryadi, E. 2018. Strategi Komunikasi ; Sebuah Analisis Teori Dan Praktis Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya. Hlm 31.

Weninggalih, Laras, Fuady, M E. (2021). Hubungan Kampanye Politik Calon Presiden 2019 melalui Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Mahasiswa Indonesia di Thailand. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 22-32




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29178

Flag Counter