Kegiatan Kampanye Public Relations Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di Media Online

Adzadeananda Fazarika Septantya, Nova Yuliati

Abstract


Abstract. Kemenparekraf RI is ministries within the Government of Indonesia in charge of affairs tourism. Ministry of Tourism and Creative Economy located below and responsible to the President the Covid-19 pandemic that occurred in Indonesia and other countries with held #SatuDalamKopi campaign activities. This is in the spotlight community, national coffee business actors and the media regarding activities campaign conducted by the Ministry of Tourism and Creative Economy of the Republic of Indonesia. This research is entitled. Public relations Campaign Activities of the Ministry of Tourism and Creative Economy of the Republic of Indonesia in Online Media (Descriptive Study with Qualitative Data of the Public relations Campaign of the Ministry of Tourism and Creative Economy of the Republic of Indonesia Jakarta in Online Media).  The purpose of this research is to find out the product-oriented campaigns of the Ministry of Tourism's PR Campaign in packaging the Ministry of Tourism's PR Campaign activities online, to find out the online packaging of the Ministry of Tourism's PR Campaign messages, to find out the use of online media campaigns for the Ministry of Tourism and Creative Economy online, and to identify communicants in Campaign activities. PR Kemenparekraf online. The method used is quantitative methods with descriptive studies with qualitative data. The theory used in this research is the Public relations Campaign Theory. Packaging of Online Campaign Activities, Packaging of Messages, Utilization of Online Media, and Identification of Communicants Regarding Online Public relations Campaigns by the Indonesian Ministry of Tourism and Creative Economy after the Covid-19 pandemic online.

Keywords: Public Relations Campaign, Online Media, Ministry Of Tourism And Creative Economy Republic Indonesia (Kemenparekraf RI)

Abstrak. Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden ini ikut andil mengenai pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia serta negara lainnya dengan mengadakan kegiatan kampanye #SatuDalamKopi. Hal ini menjadi sorotan masyarakat, pelaku usaha kopi nasional maupun media mengenai kegiatan kampanye yang dilakukan Kemenparekraf RI. Penelitian ini berjudul Kegiatan Kampanye Public relations Kemenparekraf RI Di Media Online (Studi Deskriptif  Dengan Data Kualitatif Kegiatan Kampanye Public relations Kemenparekraf Republik Indonesia Jakarta di Media Online). Tujuan penelitian ini,Untuk mengetahui product-oriented campaigns Kampanye PR Kemenparekraf dalam mengemas kegiatan Kampanye PR Kemenparekraf secara online,Untuk mengetahui pengemasan pesan Kampanye PR Kemenparekraf secara online,Untuk mengetahui pemanfaatan media online kampanye pr Kemenparekraf secara online,dan Untuk mengidentifikasi komunikan dalam kegiatan Kampanye PR Kemenparekraf secara online.  Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan studi deskriptif dengan data kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kampanye Public relations. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara, observasi, dan studi pustaka.  Kesimpulan: menggambarkan pengemasan kegiatan kampanye Kemenparekraf RI secara online baik melalui pengemasan pesan, pemafaatan media online instagram, dan identifikasi komunikan mengenai kampanye public relations dapat memberikan dampak yang positif bagi pelaku usaha kopi nasional bertahan dalam membangun usaha kopi secara online di tengah situasi pandemic Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini..

Kata Kunci : Kampanye Public Relations, Media Online, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI)

 

 

 

 


Keywords


Kampanye Public Relations, Media Online, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI)

Full Text:

PDF

References


A Yuningsih, M Suherma, 2020 “Creative Publicity in Health Promotion for Urban Communities” dalam Jurnal Prosiding Hubungan Masyarakat.

A Shofura, M Chatamallah, 2019 “Implementasi Pendekatan New-Corporate Relation dalam Membina Hubungan dengan Stakeholder” dalam Jurnal Prosiding Hubungan Masyarakat.

MS Drajat, 2018 “Pelayanan Publik pada Sektor Komunikasi”, ” dalam Jurnal Prosiding Hubungan Masyarakat.

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita

Boyer, C.D., and J.C. Shannon. 2003. Carbohydrates of the kernel. In: White PJ.,

Johnson LA. Terjemahan : Jakarta : Bumi Aksara

Hidayat, Dasrun. 2017. Media Public relations; Pendekatan Studi Kasus Cyber Public relations Sebagai Metode Kerja PR Digital. Jakarta : Graha Ilmu

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Morisson AM. 2010. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Prenada Media. Group.

Rakhmadi,Heri. 2015. PR in Government – Bunga Rampai Program Kehumasan di Pemerintahan. Jakarta : Bamboedoea Komunikasi

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung PT. Alfabet.

Venus, Drs. Antar, 2011, Manajemen Kampanye, Bandung, Simbiosa Rekatama. Media.

Yin. K. Robert. 2011. Studi Kasus Desain dan Matode. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada.

Weninggalih, Laras, Fuady, M E. (2021). Hubungan Kampanye Politik Calon Presiden 2019 melalui Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Mahasiswa Indonesia di Thailand. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 22-32




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29072

Flag Counter