Hubungan antara Tayangan Serial Drama Bertema Startup dengan Minat Bekerja pada Bidang Bisnis Startup

Niken Mega Ayuningtyas, Wulan Tri Gartanti

Abstract


Abstract. The presence of Korean dramas in Indonesia is increasingly in demand and students are no exception. One of them is the Korean drama series Start-Up which tells the life struggles of young people who start their careers in business in the startup field. Drama that is rich in values, and information about the world of work is one of the references in dealing with the world of work. Therefore, this study aims to determine whether there is a correlation between watching a drama series themed Start-Up with an interest in working in the startup business sector for students of Fikom Unisba Class of 2017. The research method used is correlational quantitative. The theory used in this research is S-O-R theory as Grand Theory, media exposure theory and interest theory as indicators for each variable. Data collection was taken through the distribution of online questionnaires to 79 respondents who were taken using probability sampling techniques, and also conducted a literature study which was analyzed using statistical tests with the SPSS 25 application. At the Validity Test stage using Spearman's Rank with an ordinal scale, and Reality Testing using Croanbach's Alpha. The results of this study state that there is a strong and significant relationship between watching a drama series themed Start-Up with the Work Interest of the 2017 Unisba Fikom Students in the startup business field.

Keywords : Impressions, Start-Up Dramas, Interests, Startups

AbstrakKehadiran drama Korea di Indonesia semakin banyak diminati dan tidak terkecuali di kalangan mahasiswa. Salah satunya yaitu tayangan serial drama Korea Start-Up yang mengisahkan perjuangan hidup anak muda yang memulai merintis karirnya dalam berbisnis di bidang startup. Drama yang kaya akan nilai, dan informasi seputar dunia kerja menjadi salah satu referensi dalam menghadapi dunia kerja. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara menonton drama serial bertema Start-Up dengan minat bekerja di bidang bisnis startup kepada mahasiswa Fikom Unisba Angkatan 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori S-O-R sebagai Grand Theory, teori terpaan media dan teori minat sebagai indikator pada masing-masing variabel. Pengumpulan data diambil melalui penyebaran kuisioner online kepada 79 responden yang diambil dengan teknik probability sampling, dan juga melakukan studi pustaka yang dianalisis menggunakan uji statistika dengan Aplikasi SPSS 25. Pada tahap Uji Validitas menggunakan Rank Spearman dengan skala ordinal, dan Uji Realibilitas menggunakan Croanbach’s Alpha. Hasil penelitian ini menyatakan adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara menonton serial drama bertema Start-Up dengan Minat Bekerja Mahasiswa Fikom Unisba Angkatan 2017 pada bidang bisnis startup.

Kata Kunci : Tayangan, Drama Start-Up, Minat, Startup


Keywords


Tayangan, Drama Start-Up, Minat, Startup

Full Text:

PDF

References


Ahsan, Z. 2016. “Definisi minat manusia”. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699

Fardiah, Dedeh. 2004. “Fomat Tayangan Televisi Sebagai Media Pendidikan Kualitas Bangsa”. Jurnal MIMBAR. Volume XX No. 4 Oktober – Desember, (525-539).

Hurlock. 2013. Perkembangan Anak, jilid 1. Jakarta: Erlangga

Novianti, Evi. 2019. Teori Komunikasi Umum dan Aplikasinya. Yogyakarta: ANDI

Rakhmat, Jalaluddin, 2004. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Saefudin, H.A dan Antar Venus, 2005. Cultivation Theory. Bandung: UNISBA

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Seti.

Sutopo, Oki Rahadianto dan Nanda Harda Pratama Meiji. 2017. “Kapasitas Refleksif Pemuda Dalam Transisi Menuju Dunia Kerja.” Jurnal Sosiologi Walisongo 1(1):1–15




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29009

Flag Counter