Hubungan antara Program Televisi “Bukan Sekedar Wayang†dengan Minat Menonton Remaja SMA Di Kota Bandung

Muhammad Syiffa Zainul Arifin, Dadi Ahmadi

Abstract


Skripsi ini berjudul “Hubungan Program Televisi “Bukan Sekedar Wayang†Net TV Dengan Minat Menonton Remaja SMA di Kota Bandung.†Sesuai dengan judul tersebut, maka permasalahan yang akan diangkat adalah bagaimana hubungan antara visibility (visibilitas), audience sailence (tingkat penonjolan acara), valence (valensi) program televisi “Bukan Sekedar Wayang†dengan minat menonton remaja SMAN 5 di kota Bandung.

Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara program televisi “Bukan Sekedar Wayang†Net tv dengan minat menonton remaja SMAN 5 Bandung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara visibility (visibilitas), audience sailence (tingkat penonjolan acara), valence (valensi) program televisi “Bukan Sekedar Wayang†dengan minat menonton remaja SMAN 5 di kota Bandung.

Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian korelasi adalah penelitian yang melihat hubungan antara variabel. Di dalam perhitungannya nanti akan didapat koefisien korelasi, koefisien korelasi ini digunakan untuk mengetahui bagaimana signifikansi hubungan yang kuat, arah hubungan, dan berarti atau tidaknya hubungan tersebut. Metode korelasional dalam penelitian ini digunakan untuk menguji bagaimana visibility (visibilitas), audience sailence (tingkat penonjolan acara), valence (valensi) program televisi “Bukan Sekedar Wayang†dengan minat menonton remaja SMA. Dalam penelitian ini, responden yang dipilih peneliti adalah remaja SMAN 5 Bandung angkatan 2016 yang berjumlah total 382 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan sampel berjumlah 79 orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara visibility (visibilitas), audience sailence (tingkat penonjolan acara), valence (valensi) program televisi “Bukan Sekedar Wayang†dengan minat menonton remaja SMA. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa program televisi “Bukan Sekedar Wayang†berhubungan dengan minat menonton remaja SMA khususnya remaja SMAN 5 di kota Bandung.


Keywords


Komunikasi Massa, Program Televisi, Minat

References


Achmad, Sri Wintala. 2014. Ensiklopedia Karakter Tokoh-Tokoh Wayang Menyingkap Nilai-Nilai Adiluhung Karakter Wayang. Yogyakarta: Araska.

Ardianto, Elvinaro., Komala, Lukiati., Karlinah, Siti. 2014. Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Azwar, Saifuddin. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Effendy, Onong Uchjana. 1993. Televisi Siaran Teori & Praktek. Bandung: Mandar Maju.

_____________________. 2000. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_____________________. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Fachruddin, Andi. 2012. Dasar-Dasar Produksi Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kountur, Ronny. 2009. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM Manajemen.

Mar’at. 1982. Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

¬¬¬Morrisan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2014. Pengantar Media Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Pena, Tim Prima. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Gitamedia.

Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

_________________. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rukmananda, Naratama. 2004. Menjadi Sutradara Televisi dengan Single dan Multi Camera. Jakarta: Grasindo.

Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Severint, Werner K., Tankard, James W, JR. 2011. Teori Komunikasi Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siregar, Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Subagyo, P. Joko. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

________ 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamburaka, Apriadi. 2012. Agenda Setting Media Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

http://id.techinasia.com/laporan-30-juta-pengguna-internet-di-indonesia-adalah-remaja/

http://www.netmedia.co.id/about#

http://www.netmedia.co.id/program/439/Bukan-Sekedar-Wayang




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2760

Flag Counter   Â