Hubungan Ideologically or Cause Oriented Campaign Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat dengan Sikap Siswa SMK Bandung

Emira Apriliyanti, Ani Yuningsih

Abstract


Narkoba merupakan jenis obat atau zat berbahaya yang mampu merusak generasi penerus bangsa diantaranya pelajar SLTA. BNN Provinsi Jawa Barat berupaya melakukan pencegahan dengan kampanye penyuluhan kepada pelajar SLTA agar sadar bahaya dan dampak narkoba di masa depan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan mengetahui bagaimana hubungan antara ideologically or cause oriented campaign dengan sikap siswa SMK Negeri 4 Bandung terhadap penyuluhan yang dilakukan.oleh BNN Provinsi Jawa Barat.

Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional, dengan responden siswa SMK Negeri 4 Bandung. Teori yang digunaka adalah Teori Elaboration Likelihood Model (ELM). Indikator variabel X (Ideologically or cause oriented campaign), yaitu isi pesan dan kredibilitas komunikator. Sedangkan variabel Y (sikap), yaitu kognisi, afeksi, dan psikomotorik.

Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ideologically or cause oriented campaign dengan sikap siswa SMK Negeri 4 Bandung terhadap penyuluhan yang dilakukan oleh BNN Provinsi Jawa Barat.


Keywords


Teori ELM, Ideologically or cause oriented campaign, sikap

References


Agung Edy Wibowo. 2012. Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian.Yogyakarta ; Gava Media.

_____Azwar, Saifuddin.1995. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta; Pustaka Pelajar Offset

_____Jefkins, Frank. 2004. Public Relations (edisi kelima). Jakarta ; Erlangga.

_____Sobur, Alex. 2014. Ensiklopedi Komunikasi. Bandung ; Simbiosa Rekatama Media

_____Venus, Antar. 2012. Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Edisi Ke-4. Bandung; Simbiosa Rekatama Media.

Sumber Lain :

Jurnal Data Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Tahun 2012 Edisi Tahun 2013

www.wikipedia.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2711

Flag Counter   Â