KEGIATAN DIRECT MARKETING DALAM MENJALIN KERJASAMA DENGAN INVESTOR

Ambar Kiki Julyana, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract. Promotion is a major activities for a company to introduce their products. This study discusses about one of the activities in the mix promotion, namely direct marketing, which is conducted through face-to-face, direct mail and telemarketing selling. The study aims to determine how the face-to-face selling,direct mail selling and the telemarketing selling are performed by Cipaganti cooperative inestablishing  a good cooperation with the investors. The method used in this research is descriptive method using quantitative paradigm by taking the investors in Cipaganti cooperative as the object. The sample used are 87 investors. The result shows that the activities of direct marketing, such as face-to-face selling, direct mail selling and telemarketing selling have run very well in Cipaganti cooperative. Cipaganti cooperative really depends on this activities in introducing their partnership coorperation. Although this direct marketing are the only activities used, the result is quiet effective to gain the investor.

Keywords : promotion, direct marketing, cooperation investors

Abstrak. Promosi merupakan salah satu hal yang utama bagi perusahaan untuk memperkenalkan produknya. Penelitian ini membahas tentang salah satu kegiatan bauran promosi yaitu kegiatan direct marketing yang dilakukan melalui tatap muka, direct mail dan telemarketing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penjualan tatap muka, direct mail dan telemarketing yang dilakukan Koperasi Cipaganti dalam menjalin kerjasama dengan investor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan paradigma kuantitatif dengan objek investor Koperasi Cipaganti. Sampel yang digunakan sebanyak 87 orang investor. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kegiatan pemasaran langsung yang dilakukan melalui tatap muka, direct mail, dan telemarketing sudah berjalan dengan baik. Koperasi Cipaganti sangat bergantung pada kegiatan ini untuk memperkenalkan kerjasama kemitraan. Walaupun Koperasi Cipaganti hanya meggunakan kegiatan direct marketing saja tetapi hasil yang didapatkan cukup efektif untuk mendapatkan investor.

Kata kunci : promosi, direct marketing, kerjasama investor


Keywords


promosi; direct marketing; kerjasama investor

References


Gaffar, Dr. Vanessa. 2007. Customer Relationship Management dan Marketing Public Relations Hotel. Bandung: Alfabeta.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antar Pribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hurlock, Elizabeth B. 1996. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Ed ke dua belas, Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

______. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapan, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen pemasaran. Ed Keduabelas, Jilid 2. PT Macana Jaya Cemerlang.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Liliweri, Alo. 1991. Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Sastradipoera, Komaruddin. 2003. Menejemen Marketing. Bandung: Kappa Sigma.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.271

Flag Counter   Â