Hubungan Antara Kegiatan Promosi Hotel Newton Bandung Dengan Minat Konsumen

Vicky Zulfiqar, M Husen Fahmi

Abstract


Promosi merupakan media yang lumrah digunakan oleh sebuah perusahaan atau penyedia barang dan jasa, salah satunya Hotel Newton Bandung merupakan sebuah jasa penyedia pelayanan penginapan. Salah satu unsur pariwisata yang mempunyai peranan besar didalam memberikan pelayanan bagi wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Hubungan Antara Kegiatan Promosi Hotel Newton Bandung Dengan Minat Konsumenâ€, untuk menjawab masalah tersebut peneliti menganalisa kegiatan promosi Humas Hotel Newton Bandung menggunankan unsur bauran promosi yang dikemukakan oleh Morrison yaitu : Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Merchandaising dan Public Relations. Penelitian yang dipakai adalah penelitian Jenis Kuantitatif menggunakan metode korelasional yaitu meneliti hubungan antara variabel-variabel. Populasi dalam penelitian ini yaitu melakukan wawancara dengan Humas Hotel Newton Bandung dan memberikan angket kepada konsumen Hotel Newton Bandung, sebanyak 280 konsumen dikerucutkan dengan rumus slovin mengambil size sebanyak 10% menjadi 74 konsumen. Dari hasil pengolahan data diatas, terdapat keseluruhan kesimpulan bahwa terdapat Hubungan Antara Kegiatan Promosi Hotel Newton Bandung Dengan Minat Konsumen.


Keywords


Promosi, Humas dan Minat.

References


Aminudin. 2013. Ensiklopedia Mini Hotel. Bandung: CV Angkasa.

Cutlip, Scott M., Center, Allen H. dan Broom, Glen M. 2007. Efective Public Relations Ed. 9. Jakarta: Kencana.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Fajri, Em Zul. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Bandung: Difa Publisher.

Ikhwan Susila dan Fatchurrahman. 2004. “Service Value: Sebuah Variabel Pemediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli†Empirika, Vol. 17, No.1 Juni 2004.

Iriantara, Yosal. 2011. Media Relations Konsep, Pendekatan dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kotler, Philip dan Gari Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana, Prenada Media Group.

Mahadewi, Ni Made Eka & Utama, I Gusti Bagus Rai. 2012.Metodologi

Penelitian Pariwisata & Perhotelan. Yogyakarta: CV Andi.

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES.

Sugiono. 2001. Statistika Untuk Penelitian, Bandung : AlfaBeta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi offset.

Yulianita, Neni. 2005. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: LPPM UNISBA.

Sumber lain:

http://juprimalino.blogspot.com/2013/05/definisi-pengertian-minat-menurut-para.html (Diunduh pada hari Rabu, tanggal 2 Desember pukul 21.15 WIB)

Id.wikipedia.org/wiki/Hubungan. (Diunduh pada hari Jumat, tanggal 4 Desember pukul 22.35 WIB)

http://www.pikiran-rakyat.com/node/186759 (Diunduh pada hari Sabtu, tanggal 5 Desember pukul 17.25 WIB)

http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=27151 (Diunduh pada hari Minggu, tanggal 6 Desember pukul 20.17 WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2690

Flag Counter   Â