Program Giveaway sebagai Strategi MPR Adeeva Skincare dalam Memasarkan Produk melalui Instagram

Vigni Rusmayadi Putri, Wulan Tri Gartanti

Abstract


Abstact: Giveaway is one of the most popular and effective Marketing Publc Relations strategies, popular in today's social media era. The giveaway program can be very profitable, because it will increase the potential of one of the social media namely Instagram. Examples such as building interactions with followers, increasing the number of followers, and increasing increasing consumers. One product that always uses the Giveaway program on Instagram is Adeeva Skincare. This research is to find out: 1) How to manage the Adeeva Skincare Giveaway program; 2) how the Adeeva Skincare program maintains a Giveaway; 3) How Adeeva Skincare only uses the Giveaway Program via Instagram.The research method chosen by researchers in order to conduct research on the Giveaway Program as Adeeva Skincare's MPR Strategy in Marketing Products Through Instagram with a single case study approach. By going through data collection techniques such as; interview, observation, documentation and literature study.The results of this research are, Giveaway which is carried out as Adeeva Skincare's Public Relatons Marketing program has good potential by making Adeeva Skincare Instagram followers look active interacting. for one week alone can reach 168,474 people, exceeding the followers who have Instagram @Adeevaskincare. The Adeeva Skincare Giveaway Program can also increase sales until finally Adeeva Skincare has a beauty clinic in Cimahi, because if seen from the Adeeva Skincare giveaway program every month it can reach 11,000 people.

Keywords: Giveaway, Adeeva Skincare, Public Relations Marketing Program, Instagram Social Media

Abstak: Giveaway adalah salah satu strategi Marketing Public Relations yang populer dan efektif, terutama di era media sosial seperti sekarang ini. program giveaway bisa sangat menguntungkan, karena akan meningkatkan potensi salah satu media sosial yaitu Instagram. Contohnya seperti membangun interaksi dengan followers, meningkatkan jumlah followers, dan berpotensi meningkatkan konsumen. Salah satunya produk yang selalu menggunakan program Giveaway di instagramnya adalah Adeeva Skincare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana pengelolaan program Giveaway Adeeva Skincare; 2) bagaimana cara Adeeva Skincare mempertahankan program Giveaway; 3) mengapa Adeeva Skincare hanya menggunakan Program Giveaway melalui Instagram. Metode penelitian yang dipilih oleh peneliti dalam rangka melakukan penelitian mengenai Program Giveaway Sebagai Strategi MPR Adeeva Skincare Dalam Memasarkan Produk Melalui Instagram dengan pendekatan studi kasus tunggal. Dengan melalui Teknik pengumpulan data seperti; wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini yaitu, Giveaway yang di laksanakan sebagai program Marketing Public Relatons Adeeva Skincare ini memiliki potensi yang baik dengan membuat followers instagram Adeeva Skincare terlihat aktif berinteraksi. selama satu minggu saja bisa mencapai 168.474 orang, melebihi followers yang di miliki instagram @Adeevaskincare. Program Giveaway Adeeva Skincare pun dapat menaikan penjualan hingga akhirnya Adeeva Skincare memiliki klinik kecantikan di Cimahi, karna jika di lihat dari engangment program giveaway Adeeva Skincare setiap bulannya bisa mencapai 11.000 orang.

Kata Kunci: Giveaway, Adeeva Skincare, Program Marketing Public Relations, Media Sosial Instagram


Keywords


Giveaway, Adeeva Skincare, Program Marketing Public Relations, Media Sosial Instagram

Full Text:

PDF

References


Kennedy, john E. dan Soemanagara, R. Dermawan (2006). Marketing

communication: Taktik & Strategi, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer

Kotler, Phililip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip pemasaran,

Edisi 12 Jlid 1. Jakarta: Erlangga.

Lamb, Hair, dan McDaniel.2001.pemasaran. buku1.

Penerjemah David Octarevia. Jakarta: penerbit Salemba Empat

Machfoedz, Mahmud. 2010.

Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta; Cakra Ilmu.

Morrisan (2010). Periklanan:

Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana

M. Nisrina. 2015. Bisnis Online,

Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Philip Khotler, (alih bahasa: Hendra

Teguh dan Ronny A.Rusli), Marketing Management, (Jakarta: Prehanlindo, 1997)

Pawito. 2008. Penelitian

Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Lkis Simamora, Henry. 2000. Akuntasi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis Jilid II. Jakarta: Salemba Empat.

Renald, Kasali. Metode – Metode

Riset Kualitatif Dalam Public Relations & Marketing Communications. Yogyakarta: Bentang 2008

Ruslan Rosady, 2006 Manajemen

Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Rajagrafndo Persada

Soemanagara, Rd. 2006. Strategic

Marketing Communication. Bandung: Alfabeta.

Wenats, Eka, et.al. (2010). Integrated

Marketing Communications. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rahmaputri, ayuni Astrica (2015),

Responkonsumen pada program sales promotion giveaway (Studi Kualitatif pada melodiary K-pop online shop) , universitas Telkom

Kartikasari, Didin Dwi (2014), Tren

kecantikan perempuan (studi fenomenologi pemaknaan kecantikan Natasha skin care kota madiun), fakultas politik dan sosial Universitas Brawijaya Malang

Tresna Wiwitan, Neni Yulianita

(2017), Strategi ‘Marketing Public Relations’ Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEA, Komunikasi, Universitas Islam Bandung

Maman Chatamallah (2005), Strategi

“Public Relations†dalam Promosi Pariwisata: Studi Kasus dengan Pendekatan “Marketing Public Relations†di Provinsi Banten, Komunikasi, Universitas Islam Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26577

Flag Counter   Â