Citra "Komunitas Bandung Food Truck" Sebagai Tempat Wisata Kuliner

Dini Afina Naufal, Nur Rahmawati

Abstract


Banyaknya tempat wisata di Kota Bandung membuat para pengusaha kuliner harus lebih bekerja keras untuk membuat ide-ide yang tidak biasa atau unik, karena masyarakat pada masa ini akan cepat tertarik bila kita membuat sesuatu yang unik. Munculah Food Truck, dengan desain yang klasik, harga  yang murah meriah dan juga tempatnya yang berganti-ganti ternyata membuat daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Judul pada penelitian ini yaitu Citra Komunitas Bandung Food Truck sebagai Tempat Wisata Kuliner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Citra Komunitas  Bandung  Food  Truck berdasarkan  empat  aspek  elemen  citra menurut Shirley  Harrison  yaitu  meliputi  Personality,  Reputations,  Value dan  Corporate Identity dimata konsumen.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket, wawancara, observasi, kepustakaan, dokumentassi dan internet. Pengukuran pada penelitian ini menggunakan skala Likert. Sampel pada penelitian ini diperoleh dari rumus Slovin dengan α = 0,1 dengan jumlah sebanyak 100 orang responden melalui teknik sampel aksidental. Pertanyaan yang diajukan kepada responden yaitu sebanyak

34 butir pertanyaan.

Hasil dari penelitian ini citra Komunitas Bandung Food Truck dimata konsumen berdasarkan Personality masuk dalam kategori tinggi, Reputation masuk dalam  kategori  tinggi,  Value juga  masuk  dalam  kategori  tinggi,  dan  Corporate Identity masuk  dalam  kategori  sangat  tinggi.  Kesimpulannya  citra  Komunitas Bandung Food Truck meliputi empat aspek Personality, Reputation, Value dan Corporate Identity sudah tinggi di mata konsumen.


Keywords


Public Relations; Citra; Personality; Reputations; Value; Corporate Identity

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations

Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

--------------- 2014. Handbook Of Public Relations : Pengantar Komprehensif.

Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Robbins Strephen P, Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Shirley Harrison, 2004. Public Relation an Introduction, London: Thomson

Learning

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sutojo, Siswanto. 2004. Membangun Citra Perusahaan. Jakarta. PT. Damar

Mulia Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2648

Flag Counter   Â