Pemanfaatan Akun Instagram sebagai Media Promosi Jasa Fotografi

Robi Syahril Maulana, Oji Kurniadi

Abstract


Abstract: The last five years the Instagram account @javaphotography, sharing moments to capture prawedding and wedding photos is mostly done by most consumers for a sacred memento of a lifetime. This study aims to determine how the form of using Instagram account as a media for promoting photography services sharing moments to capture photos of prawedding and weddings to attract the attention of consumers. The research method used in this research is descriptive qualitative with a case study approach, where case studies are a type of approach in research that examines a case intensively, in depth, in detail and comprehensively. Results of research and interviews, @javaphotography uses online promotion media in the form of Instagram by utilizing instagram features related to promotional elements (Promotion Mix) which gained a lot of followers and consumers until 2020. Various features of the Instagram account @javaphotography, choosing features such as posting photos, sharing, followers, geotagging, hashtags, likes, comments and quotes in every promotion process carried out through Instagram social media. For example, the photo posting feature that does not recognize the limit on the number of posts per day, gives more value than the works of @javaphotography photos that are continuously posted with creative works ranging from poses, concepts or themes, clothing, etc.

Keywords: @javaphotgraphy, (Promotion Mix), Instagram features and creative work.

Abstrak:  Lima tahun terakhir akun instagram @javaphotography, berbagi momen untuk mengabadikan foto prawedding dan wedding banyak dilakukan oleh kebanyakan konsumen untuk foto kenang-kenangan yang sakral satu kali seumur hidup.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana bentuk pemanfaatan akun Instagram sebagai media promosi jasa fotografi berbagi momen untuk mengabadikan foto prawedding dan wedding untuk menarik perhatian konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian in adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dimana studi kasus merupakan tipe pendekatan dalam penelitan yang menelaah suatu kasus secara intensif, mendalam, mendetail dan komperhensif. Hasil penelitian dan wawancara, @javaphotography menggunakan media promosi online berupa instagram dengan memanfaatkan fitur-fitur instagram yang berkaitan dengan unsur-unsur promosi (Promotion Mix) yang memperoleh banyak followers dan konsumen hingga 2020 ini. Berbagai fitur yang dimiliki akun instagram @javaphotography, memilih fitur berupa posting foto, sharing, followers, geotagging, hashtag, likes, komentar serta quotes dalam setiap proses promosi yang dilakukan melalui sosial media instagram. Sebagai contoh fitur  posting foto yang bersifat tidak mengenal batasan jumlah postingan perhari, memberikan nilai lebih dari hasil karya foto @javaphotography  yang terus diposting dengan karya-karya kreatif dari mulai pose, konsep atau tema, busana dan lain-lain.

Kata Kunci : @javaphotgraphy, (Promotion Mix), fitur instagram dan karya kreatif.


Keywords


@javaphotgraphy, (Promotion Mix), fitur instagram dan karya kreatif.

References


Kurniadi, Oji .2019. Periklanan (A-Z). Bandung: MediaMore.

Gitosudarmo, Indriyo. (2012). Manajemen Pemasaran. Cet. ke-dua. Yogyakarta:

BPFE.

Sigit, Suhardi. (2003). Pemasaran Praktis. Edisi Ketiga, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Ristania, Novia dan Jerry S. Justianto. 2013. “Analisa Pengaruh Harga, Promosi dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada “Online Shop” S- Nexian Melalui Facebook”. Journal Of Business Strategy and Execution. halaman 131-161.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26476

Flag Counter