Hubungan antara Social Media Marketing Akun Instagram @sociolla dengan Keputusan Pembelian Konsumen

Ifa Nurul Maghfira S, Dadi Ahmadi

Abstract


Abstract: At this time the era is increasingly modern and technology is increasingly sophisticated, many of us definitely use the internet as a necessity to search for information, exchange information and also be able to provide information to most people. With the internet, there are so many social media that are present in the community today such as Instagram, where almost all levels of society have an Instagram account, Instagram is the right application for all people to express themselves both through photos and videos. Some people also use Instagram as a forum for doing business online, either marketing their products or providing information that is suitable for each person's needs. Including the @sociolla Instagram account which is a suitable account for women who like beauty products, who need reviews of various products and also knowledge of facial skin. By using a social media marketing strategy, it is hoped that it can expand marketing with the help of content that is uploaded every day in the Instagram @sociolla account, because this can influence followers to make purchases. This study aims to determine whether there is a relationship between Social Media Marketing of the @sociolla Instagram account and purchase decisions on followers of the @sociolla Instagram account. This research method uses a quantitative approach with a correlation approach. A correlation that connects two or more variables. Data collection techniques in this study using a questionnaire / questionnaire, literature study and observation. The population in this study were 865,000 followers of the @sociolla Instagram account. While the sample in this study were 100 people using the slovin 10% formula. The data analysis technique used in this study uses statistical analysis with the help of the SPSS version 23 application. The results of this study indicate that there is a significant relationship between Social Media Marketing of the @sociolla Instagram account with purchase decisions on followers of the @sociolla Instagram account, with a Spearman Rank correlation coefficient. 0.789 means that the relationship between Social Media Marketing on the @sociolla Instagram account with purchase decisions on followers of the @sociolla Instagram account is a strong relationship.

Keywords: Instagram,  Purchase Decisions, Social Media Marketing 
Abstrak: Pada saat ini zaman semakin modern dan teknologi semakin canggih, banyak diantara kita pasti menggunakan internet sebagai kebutuhan untuk mencari suatu informasi, bertukar informasi dan juga dapat memberikan informasi kepada sebagian banyak orang. Dengan adanya internet maka banyaknya media sosial yang hadir tengah masyarakat saat ini seperti media sosial Instagram yang hampir semua lapisan masyarakat memiliki akun Instagram, Instagram merupakan aplikasi yang tepat bagi semua masyarakat untuk mengeskpresikan dirinya baik lewat foto maupun video. Sebagian orang pun memanfaatkan Instagram sebagai wadah untuk berbisnis secara online baik memasarkan produknya atau memberikan suatu informasi yang sesuai bagi kebutuhan masing-masing orang. Termasuk pada akun Instagram @sociolla yang merupakan akun yang cocok bagi para wanita yang menyukai produk-produk kecantikan, yang membutuhkan review dari berbagai produk dan juga pengetahuan mengenai kulit wajah. Dengan menggunakan strategi social media marketing, diharapkan bisa memperluas pemasaran dengan dibantu konten yang diupload setiap harinya dalam akun Instragram @sociolla, karena hal tersebut dapat mempengaruhi followers untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan antara Social Media Marketing akun Instagram @sociolla dengan keputusan pembelian pada followers akun Instagram @sociolla. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Korelasi yang menghubungkan dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner/angket, studi pustaka dan observasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah followers dari akun Instagram @sociolla sebanyak 865.000. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus slovin 10%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan Social Media Marketing akun Instagram @sociolla dengan keputusan pembelian pada followers akun Instagram @sociolla, dengan koefisiesn kolerasi Rank Spearman 0,789 artinya Hubungan antara Social Media Marketing akun Instagram @sociolla dengan keputusan pembelian pada followers akun Instagram @sociolla pada hubungan yang kuat. 

Kata kunci : Instagram, Keputusan Pembelian, Social Media Marketing


Keywords


Instagram, Keputusan Pembelian, Social Media Marketing

References


Aditya, R. (2015). Pengaruh media sosial instagram terhadap minat fotografi pada komunitas fotografi pekanbaru. Jurnal Fisip, 2, 1-14.

Agustina. Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Sikap Konsumerisme Remaja Di SMA Negeri 3 Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 2016, 4 (3): 410 – 420.

Albert Kurniawan Purnomo. 2017. Pengaruh Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Gen Y Pada Old Bens Cafe, Jurnal Manajemen Maranatha, Vol 16, No. 2.

A. Muri Yusuf, 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Ajzen, I., & Fishbein, M. 2004. Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior, 83-111, Prentice-Hall, Englewood Scliffs. New York.

Bambang pranoto. 2008. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kendaraan Bermotor, Jurnal Ilmiah Faktor Extra Vol.1 No. 2 September 2008.

B. Muri Yusuf, 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group.

Boyd dan Ellison. (2008). Jejaring Sosial Instagram. Badan Penerbit Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Buchari, Alma, 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Gunelius, Susan. 2011. 30-Minute Social Media Marketing. United States:

Kim, A., J & Ko, E. 2012. Do Social Media Marketing Activities Enchance Costumer Equity? An Empirical Study of Luxury Fashion Brand. Journal of Business Research 65. 1480-1486.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsi Pemasaran, Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

M Nisrina. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Machfoedz, M. 2013. Pengantar Pemasaran Modern. Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN, Yogyakarta.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmat, Jalaluddin., & Ibrahim, Idi Subandy. (2016). Metode Penelitian Komunikasi dilengkapi Contoh Analisis Statistik dan Penafsirannya Edisi Revisi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmat, J., & Ibrahim, I. S. (2017). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Rosdakarya Offset.

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.

Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D; Penerbit CV Alfabeta, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26398

Flag Counter