Hubungan antara Komunikasi Antarpribadi dengan Motivasi Belajar Siswa Baitul Ikhlas

Lira Tami Firdhaliana, Dadan Mulyana

Abstract


Abstract: The use of interpersonal communication conducted by PKBM Baitul Ikhlas Cimahi city to simplify community directives on meeting the needs of students. For, a person behavior would change relating to whether a needs met Therefore the motivation of students study how to operate interpersonal communication is one of the aspects that it is noteworthy in PKBM management that makes its existence can be felt there are benefits for students in learning. The purpose of research to know the relationship between open while communicating, growing confidence, building the concept of, themselves meet each and mutually supported teachers PKBM interpersonal communication with the motivation of the cognitive, student learning encouragement, self-esteem the needs affiliation from Cimahi city. The methodology of correlational is a method of examining the relation between variables X with variable Y. Correlational methods to research about ties in one factor pertaining to the variation on the other. Population in use all students from around the city cimahi 80 consisting of A package, students, package B and C package. The total sample saturated the data in the survey, interviews and. study literature. The results of research there is a strong relationship between interpersonal communication (X) with students learning motivation Baitul Ikhlas Cimahi City (Y). This is due to the role of the teacher in the learning and teaching process using interpersonal communication which includes mutual openness when communicating with teachers and students, always fostering the confidence that the teacher gives to the students package A, B, C Baitul Ikhlas, the teacher always encourages and builds self-concept of their students and in the teaching and learning process between the teachers and students they accept and support each other to be more active in studying so that they can quickly graduate and get a diploma.

Keywords: Interpersonal Communication, PKBM, Students Baitul Ikhlas Cimahi City

Abstrak: Penggunaan komunikasi antarpribadi dilakukan pihak pengajar dari PKBM Baitul Ikhlas Kota Cimahi untuk mempermudah pengarahan masyarakat pada pemenuhan kebutuhan siswa. Sebab, perilaku seseorang akan berubah terkait dengan terpenuhi tidaknya suatu kebutuhan. Untuk itu motivasi pengajar pada siswa belajar dengan cara penggunaan komunikasi antarpribadi merupakan salah satu aspek yang patut diperhatikan di dalam pengelolaan PKBM, sehingga keberadaannya memang dirasakan ada manfaatnya bagi siswa dalam belajar.Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara membuka diri saat berkomunikasi, menumbuhkan kepercayaan diri, membangun konsep diri, saling menerima dan saling mendukung dalam komunikasi antarpribadi pengajar PKBM dengan motivasi belajar siswa berupa dorongan kognitif, dorongan harga diri, kebutuhan afiliasi di Baitul Ikhlas Kota Cimahi. Metode penelitian korelasional yaitu metode yang meneliti hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Metode korelasional bertujuan meneliti sejauhmana hubungan pada satu faktor berkaitan dengan variasi pada faktor lain. Populasi yang di gunakan semua siswa Baitul Ikhlas Kota Cimahi sebanyak 80 yang terdiri dari siswa Paket A, Paket B, dan Paket C. Pengambilan sampel total sampel atau (sampel jenuh), pengambilan data berupa penyebaran angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelirtian adanya hubungan yang kuat antara komunikasi antarpribadi (X) dengan motivasi belajar siswa Baitul Ikhlas Kota Cimahi (Y) hal tersebut disebabkan karena peran pengajar dalam proses belajar dan mengajarnya menggunakan komunikasi antarpribadi yang diantaranya adanya saling keterbukaan dan membuka diri saat berkomunikasi pengajar dan siswa, selalu menumbuhkan kepercayaan diri yang diberikan pengajar kepada siswa peket A, B, C Baitul Ikhlas, pengajar selalu mendorong dan membangun konsep diri siswanya serta dalam proses belajar mengajar diantara pengajar dan siswanya saling menerima dan saling mendukung untuk lebih giat belajar agar cepat lulus dan mendapatkan ijazah.

Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, PKBM, Siswa Baitul Ikhlas Kota Cimahi.


Keywords


Komunikasi Antarpribadi, PKBM, Siswa Baitul Ikhlas Kota Cimahi.

References


Ardana, Komang, dkk. 2009. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Harapan, Edi dan Ahmad, Syarwani. 2016. Komunikasi Antarpribadi Perilaku Insan dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hasan, Iqbal. 2012. Metode Penelitain dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Liliweri. Alo. 1991. Memahami Peran Komunikasi Massa dalam Masyarakat. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Karya.

Reed H, Blake dan Haroldsen. 2003. Taksonomi Konsep Komunikasi Cetakan Ke-1. Surabaya: Papyrus

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah, B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi.

Winkel, W. S. 2005. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25944

Flag Counter