Hubungan Daya Tarik Pesan Iklan Traveloka dengan Minat Pelanggan

Siti Nurul Syarifah, Ani Yuningsih

Abstract


Pada iklan, daya tarik yang digunakan adalah daya tarik menyampaikan pesan. Daya tarik pesan digunakan berdasarkan tingkat yang diinginkan. Saat ini banyak bermunculan jenis iklan yang melayani pemesanan hotel dan tiket pesawat yang dapat diakses secara online. Dengan begitu masyarakat dapat memilih hotel dan memesan tiket yang diinginkan dengan mudah. Melalui iklan Traveloka di televisi, banyak orang yang mulai menggunakan layanan tersebut. Sesuai dengan penelitian ini yaitu, hubungan daya tarik pesan iklan Traveloka dengan minat pelanggan.

Identifikasi masalah dalam penelitian ini yang akan peneliti jelaskan adalah, seberapa besar hubungan Daya Tarik Pesan Rasional dengan minat pelanggan, seberapa besar hubungan Daya Tarik Pesan Emosional dengan minat pelanggan dan seberapa besar hubungan Daya Tarik Pesan Moral dengan minat pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan daya tarik pesan iklan Traveloka dengan minat pelanggan.

Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan, penyebaran kuesioner dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yang merupakan calon pelanggan atau pelanggan yang menggunakan website Traveloka yang terdiri atas pegawai, wirausahawan, mahasiswa dan pelanggan lainnya.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, terdapat hubungan antara daya tarik pesan iklan Traveloka dengan minat pelanggan antara daya tarik pesan rasional, daya tarik pesan emosional dan daya tarik pesan moral terhadap minat pelanggan.


Keywords


Komunikasi Massa, Daya Tarik Pesan, Minat, Uses and Gratification, Elaboration Likelihood.

References


Alexander, Morissan. 2007. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakarsa.

Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Littlejohn, Stephe W. & Karen A. Foss, Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, Prof. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, A.W. 1993. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2581

Flag Counter   Â