Hubungan antara Social Marketing Campaign dengan Perilaku Membeli Konsumen Pengguna Blog

Senni Robihati F, Dadan Mulyana

Abstract


Abstract: The 'Glossary Beauty Journal' campaign is a campaign that is widely followed by Indonesian digital natives on social media blogs, especially among college students. Based on this, the researcher wanted to see how much the relationship between the “Glossary Beauty Journal” marketing campaign and the buying behavior of digital natives of blog users among college students. The research method used in this research is quantitative research methods. The research approach used is a correlational approach. The population of this study were all students of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, Pasundan University, totaling 372 students. The sampling technique in this study using random sampling techniques and obtained 80 female students. The results of this study indicate that there is a strong relationship between the Social Marketing Campaign and Consumer Buying Behavior.

Keywords: marketing campaigns, digital natives, consumer buying behavior, blogs.

Abstrak: Kampanye ‘Glossary Beauty Journal’ adalah kampanye yang banyak diikuti oleh digital natives Indonesia pada media sosial Blog terutama di kalangan mahasiswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin melihat seberapa besar hubungan marketing campaign ‘Glossary Beauty Journal’ dengan perilaku membli konsumen digital natives pengguna Blog di kalangan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan korelasional. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh mahasiswi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pasundan yang berjumlah 372 mahasiswi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan diperoleh 80 mahasiswi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara Social Marketing Campaign dengan Perilaku Membeli Konsumen.

Kata Kunci: marketing campaign, digital natives, perilaku membeli konsumen, blog.


Keywords


marketing campaign, digital natives, perilaku membeli konsumen, blog.

References


Andreasen, Alan. R dan Kotler, Philip. 2009. Strategic Marketing For Non-Profit Organizations 6th ed. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall

Assuari, Sofyan. 2002. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi. Rajawali Press, Jakarta.

Donovan, Rob dan Nadine Henley. 2010. Principles and Practice of Social Marketing: An International Perspective. Australia: IP Communication

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Inc.

Kriyantono, Rakhmat. 2010. Teknik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rogers, EM & Storey J.D. 1987. Communication Campaign. Dalam C. R. Berger & S.H. Chaffe (Eds.). Handbook of Communication Science. New Burry Park : Sage.

Schiffman, Kanuk. 2010. Perilaku Konsumen, ed. 7. Alih Bahasa: Zulkifli, (2012), PT. Indeks, Jakarta.

Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Putri, S. D., & Fithrah, D. S. (2017). Pengaruh Online Marketing Campaign #samyangchallenge Terhadap Consumer Behavior digital Pengguna Youtube Indonesia. PRofesi Humas, 1(2), (hlm. 132-141.)

Rofiq, Abdul., Arifin, Zainul., & Wilopo. (2012). Pengaruh Penerapan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Kartu Perdana IM3 di Lingkungan Mahasiswa bFakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2012). Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, (hlm. 1-10.)

“Sociolla Ingin Bangun Platform Belanja Online untuk Produk Kecantikan Terlengkap di Indonesia”. https://dailysocial.id/post/sociolla-online-shopping-platform/. Tanggal akses 10 Februari 2020, pk. 20.54 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25733

Flag Counter