Hubungan Kampanye Public Relations dengan Peningkatan Kesadaran Masyarakat

Arif Hidayatullah Koswara

Abstract


Abstract: Investment is the investment of assets with the aim of obtaining future benefits One of the companies that has investment products in the form of gold is PT. Rifan Financindo Berjangka. Where the efforts made by the company in educating its customers to increase awareness of investing in gold, namely by conducting a public relations campaign. For this reason, this study aims to determine the relationship between public relations campaigns and increasing public awareness of investing in gold at PT. Rifan Financindo Berjangka. The method used is a quantitative type with a correlational approach. The population in this study were customers of PT. Rifan Financindo Berjangka as many as 3,987 customers with a sample size of 98 customers. The sampling technique in the study used probability sampling with simple random sampling type and used the Slovin formula. The results of this study indicate that there is a significant and positive relationship between the content of the message and public knowledge in investing in gold in PT. Rifan Fiancindo Berjangka amounting to 0.365, there is a significant and positive relationship between the contents of the message and the attitude / behavior of the community in investing in gold in PT. Rifan Fiancindo Berjangka is 0.265, there is a significant and positive relationship between the message content and the people's lifestyle in investing in gold in PT. Rifan Fiancindo Berjangka is 0.326, there is no significant but positive relationship between message structure and public knowledge in investing in gold in PT. Rifan Fiancindo Berjangka is 0.172, there is no significant but positive relationship between message structure and public attitudes / behavior in investing in gold in PT. Rifan Fiancindo Berjangka is 0.125, there is a significant and positive relationship between the message structure and the people's lifestyle in investing in gold in PT. Rifan Financindo Berjangka is 0.447 and overall the results of the study can be concluded that the PR campaign has a moderate level of relationship and its value is positive with public awareness of investing in gold of 0.425.

Keywords : message content, message structure, knowledge, attitude / behavior, lifestyle.

Abstrak: Investasi merupakan penanaman harta dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa depan. Salah satu perusahaan yang memiliki produk investasi dalam bentuk emas yaitu PT. Rifan Financindo Berjangka. Dimana upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam meng-edukasi nasabahnya untuk meningkatkan kesadaran berinvestasi emas yaitu dengan cara melakukan kampanye jenis public relation. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kampanye public relation dengan peningkatan kesadaran masayarakat dalam berinvesatsi emas pada PT. Rifan Financindo Berjangka. Metode yang digunakan yaitu jenis kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Rifan Financindo Berjangka sebanyak 3.987 nasabah dengan jumlah sampel sebanyak 98 nasabah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling serta menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan dan positif antara isi pesan dengan pengetahuan masyarakat dalam berinvestasi emas di PT. Rifan Fiancindo Berjangka sebesar 0,365, terdapat hubungan signifikan dan positif antara isi pesan dengan sikap/perilaku masyarakat dalam berinvestasi emas di PT. Rifan Fiancindo Berjangka sebesar 0,265, terdapat hubungan signifikan dan positif antara isi pesan dengan gaya hidup masyarakat dalam berinvestasi emas di PT. Rifan Fiancindo Berjangka sebesar 0,326, tidak terdapat hubungan signifikan namun positif antara struktur pesan dengan pengetahuan masyarakat dalam berinvestasi emas di PT. Rifan Fiancindo Berjangka sebesar 0,172, tidak terdapat hubungan signifikan namun positif antara struktur pesan dengan sikap/perilaku masyarakat dalam berinvestasi emas di PT. Rifan Fiancindo Berjangka sebesar 0,125, terdapat hubungan siginifikan dan positif antara struktur pesan dengan gaya hidup masyarakat dalam melakukan investasi emas di PT. Rifan Financindo Berjangka sebesar 0,447 dan secara keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kampanye PR memiliki tingkat hubungan sedang dan nilainya positif dengan kesadaran masyarakat dalam melakukan investasi emas sebesar 0,425.

Kata Kunci: isi pesan, struktur pesan, pengetahuan, sikap/perilaku, gaya hidup.


Keywords


isi pesan, struktur pesan, pengetahuan, sikap/perilaku, gaya hidup.

References


Akdon, dan Riduwan. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung:Alfabeta.

Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Charlene Mabelle Reina Ulyanti Kesaulya, Kiki Soewarso. (2019). Perencanaan Kampanye Public Relations “Mari Bersatu Permata Bunda” Untuk Meningkatkan Awareness Masyarakat Sekitar Terhadap Sekolah TK-SD-SMP Permata Bunda. Jurnal Komunikasi Profesional, Vol 3, No 1, Halaman 56 - 73, e-ISSN: 2579-9371, URL: http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp.

Loke, Yiing-Jia. (2017). The Influence Of Socio-Demographic And Financial Knowledge Factors On Financial Management Practices Of Malaysians. International Journal Of Business And Society, Vol. 18, No. 1, 33-50

Muttaqien, K., Sugiarto, & Sarifudin, S. (2019). Upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan lingkungan melalui program bank sampah. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 1(1), 6–10.

Normawati, Maryam, S., & Priliantini, A. (2018). Pengaruh Kampanye “Let’S Disconnect To Connect” Terhadap Sikap Anti Phubbing (Survei Pada Followers Official Account Line Starbucks Indonesia) Influence of the Campaign “Let’S Disconnect To Connect” on Anti Phubbing Attitude (Survey in Line Starbucks Indo. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 155–164.

Pamungkas, A. J., & Setiawan, H. M. (2019). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Positif (Studi Empiris Pada Pondok Pesantren Modern Darul Amanah Sukorejo Kabupaten Kendal). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sugianto, A., & Sembiring, W. A. (2012). Pengaruh Kampanye Public Relations terhadap Sikap Positif Khalayak. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 1, 45–60.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sarwono, Sarlito W. & Eko A. Meinarno. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Triani, S. D., & Trigartanti, W. (2018). Hubungan Kampanye Public Relations dengan Sikap Khalayak Relations of Public Realtions Campaign with Audience Attitudes (Correlational Studies Regarding Relations of Campaign Free Measles and Rubella through Counselling with Willing Attitude Citizens KP P. 4, 849–854.

Venus, Antar. 2012. Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

_________. (2007). Manajemen Kampanye: Panduan Teoretis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25712

Flag Counter