Komunikasi Ustadz Fahmi di Majelis Tato Bandung

Anggie Diniarty, Maman Chatamallah

Abstract


Abstract: Majelis Tato Indonesia as a community who want to embrace people who have been dark. As in bio written on accounts instagram assembly tattoo. The tribunal the sinner go migrated, innovating and their moral hijaiyah lillah. from to Realized atensi, many thugs. bertato want to leave their homes But, not many respect. community who want to So that is, ustadz Rosihan Fahmi created Majelis Tato Indonesia Bandung and facilitate the thugs tato, to share about spiritual. islamic teachings. The purpose of research to know the causes of ustadz Rosihan Fahmi use models of communication antarpribadi in Majelis Tato Indonesia community. Know ustadz Rosihan Fahmi communication activities of the Majelis Tato Indonesia community, See if ustadz Rosihan Rahmi created the Majelis Tato Indonesia community. Qualitative research methodology perspective case study Robert K. Yin emphasized to design research type 1, in which there is only one case and one unit of analysis using interviews with speakers research. Research: ustadz Rosihan Fahmi use models of communication in order to open while communicating, growing confidence, build, concept themselves meet each, and mutually supported

Keywords: Models of Communication, Rosihan Fahmi, Majelis Tato Indonesia  

Abstrak: Majelis Tato Indonesia sebagai komunitas yang ingin merangkul orang yang mempunyai masa kelam. Seperti dalam bio tertulis pada akun instagram majelis tato. Majelis para pendosa yang beranjak berhijrah, berbenah diri dan berbenah akhlak dari hijaiyah hingga lillah. Menyadari atensi, banyaknya preman bertato ingin berhijrah. Namun, tidak banyak komunitas yang ingin menampungnya. Maka dari itulah, Ustadz Rosihan Fahmi menciptakan Majelis Tato Indonesia Bandung dengan memfasilitasi para preman bertato, untuk berbagi spiritual tentang ajaran Islam. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor penyebab ustadz Rosihan Fahmi menggunakan model komunikasi antarpribadi pada komunitas hijrah preman bertato Majelis Tato Indonesia Bandung. Mengetahui kegiatan komunikasi ustadz Rosihan Fahmi di komunitas Majelis Tato Indonesia Bandung. Mengetahui mengapa Ustadz Rosihan Fahmi menciptakan komunitas Majelis Tato Indonesia Bandung. Metode penelitian kualitatif dengan perspektif studi kasus Robert K. Yin yang lebih ditekankan kepada desain penelitian tipe 1, hanya ada satu kasus dan satu unit analisis dengan menggunakan wawancara narasumber penelitian. Hasil penelitian: Ustadz Rosihan Fahmi menggunakan model komunikasi antarpribadi dengan tujuan agar bisa membuka diri saat berkomunikasi, menumbuhkan kepercayaan diri, membangun konsep diri, saling menerima dan saling mendukung.

Kata Kunci: Model Komunikasi, Rosihan Fahmi, Majelis Tato Indonesia 


Keywords


Model Komunikasi, Rosihan Fahmi, Majelis Tato Indonesia

References


Dea Alvi Soray, 2018 “Pahami Makna Hijrah dan Jenisnya” https://republika.co.id/berita/p7rdj3313/pahami-makna-hijrah-dan-jenisnya . Tanggal Akses 21 September 2020, pk 11:45 WIB

Erik Setiawan, 2017 “Makna Hijrah pada Mahasiswa Fikom Unisba di Komunitas ('followers') Akun 'LINE@DakwahIslam' Jurnal MediaTor, Vol 10 (1), Juni 2017, 97-108.

Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

TK Giovany, M Chatamallah, 2019 “Makna Hijrah Bagi Komunitas Pemuda Hijrah (Studi Fenomenologi Komunikasi Makna Hijrah Bagi Jamaah Di Lingkungan Masjid TSM Bandung dalam Jurnal Prosiding Hubungan Masyarakat

Yin. K. Robert. 2011. Studi Kasus Desain dan Matode. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25640

Flag Counter