Implementasi Corporate Social Responsibility dalam Mengajak Kaum Milenial Mencintai Lingkungan

Nurhaliza Mutiara Sofyan, Neni Yulianita

Abstract


Abstract: Corporate social responsibility is a corporate social responsibility that must be carried out by the company itself through a CSR program. CSR activity is to pursue the Triple Bottom Line which consists of the 3P concept (profit, people, and planet), therefore PT Kereta Api Indonesia (Persero) implements corporate social responsibility in its Kampoeng Clean-up program with BUMN. The Community Development Partnership Program (PKBL) is the main basis for the creation of a CSR program carried out by PT KAI. In addition, in this CSR program PT KAI collaborates with PT Fintek Karya Nusantara (FINARYA) to participate in helping and supporting fellow state-owned companies (BUMN). This study aims to determine the planning process of a CSR program, then how to apply the CSR concept, and to find out how PT KAI can collaborate with FINARYA in order to achieve a common goal of inviting millennials to love the environment. This study also discusses several cases that are the main basis for the formation of this research, and understands how the implementation of CSR by both companies in achieving their common goals. This study uses a qualitative method with a case study approach. The data collection methods used in this study are in-depth interviews and literature study. The results of this study are, 1) PT KAI (Persero) CSR program planning with FINARYA to gain excellence is carried out in a planned manner and according to the rules, 2) CSR programs involving 500 communities and 100 millennials are very much in accordance with the basic concept of CSR, namely the 3P concept, 3) Because the program is an assignment from the Ministry of BUMN, of course PT KAI (Persero) has a special implementation strategy in its implementation, namely KAI in direct coordination with the Ministry of BUMN and also the local camat.

Keywords: Corporate Social Responsibility, Collaboration, Triple Bottom Line.

Abstrak: Corporate social responsibility merupakan sebuah tanggung jawab sosial perusahaan yang harus dilakukan oleh perusahaan itu sendiri melalui sebuah program csr. Aktivitas CSR adalah untuk mengejar Tripple Bottom Line yang terdiri dari konsep 3P (profit, people, dan planet) maka dari itu PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan implementasi corporate social responsibility dalam programnya Bersih-bersih Kampoeng Bersama BUMN. Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) itulah yang menjadi landasan utama untuk terciptanya suatu program csr yang dilakukan PT KAI. Selain itu juga di dalam program CSRnya ini PT KAI berkolaborasi dengan PT Fintek Karya Nusantara (FINARYA) untuk ikut serta membantu dan saling mendukung sesama perusahan milik negara (BUMN). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan suatu program csr, kemudian bagaimana penerapan konsep csr, serta mengetahui bagaimana PT KAI bisa berkolaborasi dengan FINARYA guna untuk mencapai tujuan bersama yakni mengajak kaum milenial mencintai lingkungan. Di dalam penelitian ini juga membahas beberapa kasus yang memang menjadi landasan utama dari terbentuknya penelitian ini, dan memahami bagaimana pengimplementasian csr yang dilakukan dari kedua perusahaan tersebut dalam mencapai tujuan bersamanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah, 1) Perencanaan program CSR PT KAI (Persero) dengan FINARYA untuk mendapatkan keunggulan dilakukan secara terencana dan sesuai aturan, 2) Program CSR yang melibatkan 500 masyarakat dan 100 kaum milenial sudah sangat sesuai dengan konsep dasar CSR yakni konsep 3P, 3) Karena program tersebut merupakan penugasan dari kementrian BUMN tentunya PT KAI (Persero) memiliki strategi implementasi khusus dalam pelaksanaannya yaitu KAI berkoordinasi langsung dengan kementrian BUMN dan juga camat setempat.

Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Kolaborasi, Tripple Bottom Line.


Keywords


Corporate Social Responsibility, Kolaborasi, Tripple Bottom Line.

Full Text:

PDF

References


Hadi, Nor. (2011). Corporate Social Responsibility. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kartini, Dwi. (2013). Corporate Social Responsibility: Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Cetakan ke-2. Bandung: PT Refika Aditama.

Mardikanto, Totok. (2014). Corporate Social Responsibility. Bandung: Alfabeta.

Yulianita, Neni. (2012). Dasar – dasar Public Relations. Bandung: P2U-LPPM Unisba.

Laksono, Eldy Cahyo. (2016). “Implementasi Corporate Social Responsibility,†dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Volume 4, Nomor 2, Tahun 2016.

T.R.Marnelly. (2012). “Corporate Social Responsibility (CSR): Tinjauan Teori dan Praktek di Indonesia,†dalam Jurnal Aplikasi Bisnis. Volume 2, Nomor 2, Tahun 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25619

Flag Counter   Â