Komunikasi Keluarga dalam Pengawasan Penggunaan Smartphone

Pinka Aulia, Wulan Tri Gartanti

Abstract


Abstract: Smartphones have become a necessity in the era of digitization, both from children, adolescents, to adults. The presence of a smartphone offers a variety of functions such as taking pictures and videos, telephone, chat and the internet. There are as many as 96% of activities carried out by smartphone users is accessing the internet users are mostly in the age range of 15-19 years, while the second most users are aged 20-24 years. The high use of internet users indicates a change in the way of communication in life, because in the current era almost all communication takes place using technology. Therefore, family communication needs to be built to monitoring the use of smartphones in children. The purpose of this research is to know how the role of parents in their duties to supervise the use of smartphones by children. The research method used is a qualitative research method and research approach using case study. Data collection techniques by literature study, documentation, observation, and interviews. The results obtained from this study indicate that the role of family communication to supervise the use of smartphones in children needs to be done to prevent the negative effects of smartphone use.

Keyword: Smartphone, family communication, supervise.

Abstrak: Pada era digitalisasi, smartphone sudah menjadi kebutuhan, baik itu dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Kehadiran smartphone menawarkan fungsi yang beragam seperti mengambil gambar dan video, telepon, chatting, dan internet. Terdapat sebanyak 96% aktivitas yang dilakukan oleh pengguna smartphone ialah mengakses internet. Mayoritas pengguna internet paling banyak ialah rentang usia 15 – 19 tahun, sedangkan pengguna terbanyak kedua berada pada umur 20 – 24 tahun. Tingginya angka pengguna internet tersebut menunjukkan adanya perubahan cara komunikasi dalam kehidupan di masyarakat, dimana pada era saat ini hampir semua komunikasi berlangsung menggunakan teknologi. Oleh karena itu, komunikasi keluarga yang efektif perlu dibangun untuk melakukan pengawasan terhadap penggunaan smartphone pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam tugasnya melakukan pengawasan terhadap penggunaan smartphone oleh anak. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan studi litelatur, dokumentasi, observasi, dan wawancara secara mendalam terhadap subjek penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa peran komunikasi keluarga untuk melakukan pengawasan terhadap penggunaan smartphone pada anak perlu dilakukan untuk mencegah dampak negative dari penggunaan smartphone.

Kata kunci: Smartphone, Komunikasi keluarga, pengawasan


Keywords


Smartphone, Komunikasi keluarga, pengawasan

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2018. Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018 [Online] Indonesia: APJII. Tersedia pada https://apjii.or.id/content/read/39/ 410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-

Indonesia-2018 [Diakses 29 September 2019].

Cangara, H., 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Eadie, W.F., 2009. Twenty One Century Communication: A Reference Handbook

Volume 2. California: SAGE Publications, Inc

Simamora, A.S.M.T, 2016. Persepsi Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar Di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Jurnal Kultur Demokrasi, 4(6).

Straubhaar, J., dan LaRose, R., 2006. Media Now. Media Now, Understanding

Media, Culture and Technology. Belmont: Thomson Wadsworth.

Liliweri, A., 1991. Memahami Peran Komunikasi Massa dalam Masyarakat.

Bandung: Citra Aditya Bakti.

Wood, J.T., 2011. Gendered Lives: Communication, Gender and Culture. Boston: Wadsworth Cenage Learning.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25552

Flag Counter