​ Repersonal Branding Selebgram Awkarin melalui Postingan Foto di Akun Instagram @awkarin

Ayuningtias Nuraini Dewi, Neni Yulianita

Abstract


Abstract. Communication is a process that occurs in everyday life, both between individuals as well as communication through media facilities which are now known as mass communication. This mass communication includes print and electronic media and there is also a part in mass communication called the new media, namely social media. Social media that are currently loved by people in daily life, such as Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, and others. The social media is now a means of exchanging or sharing information, as a means of promotion, and also as a means of channeling hobbies to oneself. So this research explains how someone's rebranding is shown using social media which includes various online media namely Instagram and the research subject is Karin Novilda or Awkarin as a celebrity. This study analyzes the Awkarin Rebranding Process Through Posting Social Photos in Instagram @awkarin Account. This study aims to determine the rebranding conducted by Awkarin through his personal Instagram account. So that research on rebranding can be disclosed.The method used in this research is to use qualitative research methods with a case study approach. Data collection methods use in-depth interviews, documentation, and direct observation. Data analysis technique is a qualitative analysis using source and time triangulation techniques as a test of the validity of the data.

Keywords: Instagram Social Media, Rebranding Process, Rebranding Changes, Awkarin Instagram Account

Abstrak.  Komunikasi merupakan suatu proses yang terjadi pada kehidupan sehari-sehari, baik antar individu baik juga komunikasi melalui sarana media yang saat ini dikenal dengan komunikasi massa. Komunikasi massa ini meliputi media cetak dan media elektronik dan ada juga menjadi bagian dalam komunikasi massa yang disebut dengan new media  yaitu media sosial. Media sosial yang kini tengah digandrungi khalayak dikehidupan sehari-hari, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan lain-lain. Media sosial tersebutlah yang saat ini menjadi sarana untuk bertukar atau berbagi informasi,sebagai sarana promosi, dan juga sebagai sarana menyalurkan hobi pada diri seseorang. Sehingga penelitian ini menjelaskan bagaimana rebranding seseorang ditunjukan dengan menggunakan media sosial yang meliputi macam-macam media online yaitu Instagram dan subjek penelitiannya yaitu Karin Novilda atau Awkarin sebagai seorang selebgram.  Penelitian ini menganalisis mengenai Proses Rebranding Awkarin Melalui Postingan Foto Kegiatan Sosial Di Akun Instagram @awkarin . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rebranding yang dilakukan oleh Awkarin melalui akun Instagram pribadinya. Sehingga penilitian mengenai rebranding ini bisa diungkapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi langsung. Teknik analisis data adalah analisis kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan waktu sebagai uji keabsahan data.

Kata Kunci : Media Sosial Instagram, Proses Rebranding, Perubahan Rebranding, Akun Instagram Awkarin


Keywords


Media Sosial Instagram, Proses Rebranding, Perubahan Rebranding, Akun Instagram Awkarin

Full Text:

PDF

References


Abugaza, A., 2013. Social Media Politica: Gerak Massa Tanpa Lembaga. Jakarta: PT. Tali Writing dan Publishing House.

Chandra, F.B.A., 2018. Perancangan Rebranding Dapur Ethnic untuk Menciptakan Brand Awareness dan Meningkatkan Brand Image. Yogyakarta: Skripsi, Institut Seni Indonesia.

Kinanti, R.A., 2017. Pengaruh Rebranding Terhadap Brand Image Produk Indosat Ooredo. Lampung: Skripsi, Universitas Lampung.

Kotler, P., dan Keller, K.L., 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., dan Amstrong, G., 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

McNally, D., dan Speak, K.D., 2004. Be Your Own Brand: Resep Jitu Meraih Personal Brand yang Unggul. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mobray., 2009. Journal of CrossCultural Psychology. Cultural influences on the Perception of Emotion, 20, h. 92-105.

Montoya, P., 2002. The Personal Branding Phenomenon. Nashville: Vaughan Printing.

Montoya, P., dan Vandehey, T., 2008. The Brand Called You: Make Your Business Stand Out in a Crowded Marketplace. United States of America: McGraw-Hill.

Muzellec, L., dan Lambkin, M., 2005. European Journal of Marketing. Corporate Rebranding: Destroying, Transferring or Creating Brand Equity, 40(8), h.803-824.

Nastiti, L.W., 2016. Bentuk Personal Branding Melalui Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif Personal Branding Saptuari Sugiharto Melalui Akun Twitter @saptuari. Yogyakarta: Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Rampersad, H.K., 2008. Sukses Membangun Authentic Personal Branding. Jakarta: PPM.

Salamoon, 2013. Instagram, Ketika Foto Menjadi Mediator Komunikasi Lintas Budaya Di Dunia Maya. Skripsi.

Wanti Sari, Silvia dan Yulianita, Neni. (2016). “Komparasai Strategi Brand (Branding) Mystylez Dance Studio dengan Wannabe Pro Dancerâ€.

Rafael Butar Butar, Christoper dan Salmiyah, Dini. (2018). “Strategi Personal Branding Selebgram Non Selebritiâ€. Dalam Jurnal Ilmiah Ilmu hubungan Masyarakat. Volume 2, Nomor 2, Tahun 2018 (hlm. 87).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25548

Flag Counter   Â