Transformasi Profesi Public Relations Yayasan Pendidikan Al-Masoem dalam Mempromosikan Pemasaran Perusahaan

Ghina Hanifah, M Husein Fahmi

Abstract


Abstract : Public relations is one of the professions that is in great demand by many people, not only appearance that is prioritized but Skill in Leadership and knowledge that needs to be possessed by a public relations, meaning that managerial skills are needed in managing PR programs instead of relying on beauty and popular public relations figures, many phenomena In today's public relations profession in a company is chosen by appearance and choosing individuals because of pressure regardless of the educational background of the individual, from this phenomenon it will be examined in this study regarding individuals who are chosen to be company public relations because of pressure from the company, of course in terms of there are various dynamics during the individual process, many struggles and sacrifices are made. from this, this research was conducted in order to understand the individual's self-transformation experience, by knowing how the process of self-change in studying the world of communication science, what obstacles faced by these individuals to the meaning and results he had obtained from the process, because it did this. It is not easy and requires extensive experience. Self-transformation is a change in character, the character that is in a person. The selection of participants is 3 individuals who do not have an educational background in communication science. This research methodology uses the phenomenological method which looks for the meaning of an event, the data collection techniques use interviews, observation, and centering. The results showed that there were three main principles, namely (1) Self-Transformation Motivation (2) Self-Transformation struggle process (3) Post-decision-making changes to become a PR.

Keywords: Self Transformation, Public Relations, and Self Concepts

Abstrak : Humas merupakan salah satu Profesi yang banyak diminati oleh banyak orang bukan hanya tampilan saja yang diutamakan melainkan Skill in Leadership dan ilmu pengetahuan yang perlu dimiliki oleh seorang humas,artinya kemampuan manajerial dibutuhkan dalam mengola program PR bukan mengandalkan kecantikan dan tokoh popular seseorang PR, banyak fenomena di jaman ini profesi Public Relation di suatu perusahaan dipilih secara penampilan dan memilih individu karena suatu desakan tanpa melihat latar belakang pendidikan dari individu tersebut ,dari fenomena tersebut akan diteliti dalam penelitian ini mengenai individu yang dipilih menjadi humas perusahan karena desakan dari perusahaan,tentu dalam hal ini terdapat berbagai dinamika selama proses individu tersebut dilakukan,banyak perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan.  dari hal itu penelitian ini dilakukan guna memahami pengalaman transformasi diri individu tersebut, dengan mengetahui bagaimana proses perubahan diri nya dalam mempelajari dunia ilmu komunikasi, hambatan apa saja yang dihadapi inidividu tersebut hingga makna dan hasil yang telah ia dapatkan dari proses tersebut, sebab itu melakaukan hal tersebut tidak mudah dan membutuhkan pengalaman yang cukup luas Transformasi diri adalah suatu perubahan sifat, karakter yang ada dalam diri seseorang. Pemilihan partisipan adalah 3 individu yang tidak memiliki latar belakang pendidikan ilmu komunikasi  Metodelogi penelitian ini menggunakan metode Fenomenologi yang mencari makna dari suatu peristiwa, Teknik Pengumpulan Data menggunakan wawancara,observasi,dan kepusatakaan. Hasil Penelitian menunjukan, bahwa terdapat tiga induk, yaitu (1) Motivasi Trasformasi diri (2) Proses perjuangan Transformasi diri (3) Perubahan pasca pengambilan keputusan untuk menjadi seorang Humas.

Kata Kunci : Transformasi Diri, Public Relations, dan Konsep Diri


Keywords


Transformasi Diri, Public Relations, dan Konsep Diri

References


Anggoro, M. Linggar.2000.Teori Profesi dan Kehumasan. Jakarta : Bumi Aksara

Ani Yuningsih.2004. “Peran Strategis Profesi Public Relations dalam Membangun Kemitraan Berbasis Nilai Spiritual”dalam Jurnal observasi: Terakreditasi Berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti Depdikna.Volume XXII, Nomer 4, Tahun 2004 (hlm-500).

Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soemirta.2010.Metodelogi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif .Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto.2008.Dasar-Dasar Public Relations.ke-6.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bambang, P., & Jannah, L. M. (2005). METODE PENELITIAN KUANTITATIF: TEORI DAN APLIKASI. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Effendi, T.2007. Transformasi Diri Dalam Mengurangi Samudra.Jakarta:Elex Media Kompetindo Soemirat,Soleh.,Elvinaro.

Effendy, Onong Uchajana.2009.Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Fakhroji, M. 2015. ”Tranformasi Konsep Diri Muslimah dalam Hijabers Community.Al Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam.15 (2),431-450.

Kouzes, M. James, dan Barry Z.Posner.2004.Leadership The Challenge.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rakhmat, Jalaluddin, 2004. Psikologi Komunikasi.Bandung:PT REMAJA ROSDAKARYA

Riyanto, Y. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Anggota IKAPI.

Soehartono, I. (2008). METODE PENELITIAN SOSIAL: Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni. 2015. Peran Media Public Relations Internal Sebagai Penunjang Kerja Karyawan PT. Pelabuhan Indonesia (Persero). Skripsi. Surabaya. Universitas Islam negeri Sunan Ampel Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25542

Flag Counter