Strategi Beauty Campaign Muddy Buddy di Instagram @muddybuddy.co

Zulfanida Hanifa, Wulan Tri Gartanti

Abstract


Abstract: The meaning of beauty has been constructed so far. Thus, the meaning of beauty turns in the wrong direction. Because there are many media users, so many people are affected by the beautiful meaning that has been constructed by the media. That actually the true meaning of beauty that has no standards. Beautiful standards that must be white, slim, tall, thin, that's what the media tell the public. Thus, many people are trying to achieve these beautiful standards. From the start by using a whitening product, until the operation was carried out to get the desired beautiful standard. Muddy Buddy conducted a beauty campaign to rectify this. By insinuating those who want to be beautiful, white, high with the influence of the wrong standard of beauty. Muddy Buddy's beauty campaign is to prove that all women are beautiful as they are. Without having to change what has been absolutely given by God to himself, especially one's physical. In this case, the most rampant and the most adopted Muddy Buddy is about the concept of beautiful = white. In fact, not everyone is destined to have white skin. So that many people do everything they can to achieve the beautiful, wrong standards of the media. The framing that Muddy Buddy wants to show is to return the meaning of beauty to be the true meaning of beauty. The results of this study explain that Muddy Buddy's strategy in changing the standard of beauty on Instagram @muddybuddy has succeeded in convincing the public, especially Instagram users, that beauty standards are actually relative and have no definite size.

Keywords: Beautiful, beauty campaign, beauty standard, physical, media

Abstrak: Makna cantik selama ini telah dikonstruksi. Sehingga, makna cantik berbelok ke arah yang salah. Karena banyaknya pengguna media, sehingga banyak orang yang terpengaruh dengan makna cantik yang telah dikonstruksi oleh media. Bahwa sebenarnya makna cantik yang sejati itu tidak ada standarnya. Standar cantik yang harus putih, langsing, tinggi, tirus, itulah yang media beritahu kepada masyarakat. Sehingga, banyak orang yang berusaha untuk mencapai standar cantik tersebut. Dari mulai dengan cara memakai produk pemutih, hingga operasi pun dilakukan untuk mendapatkan standar cantik yang diinginkan.
Muddy Buddy melakukan beauty campaign untuk meluruskan hal tersebut. Dengan menyindir orang-orang yang ingin cantik, putih, tinggi dengan pengaruh standar kecantikan yang salah. Sebenarnya, standar cantik yang selama ini media tampilkan/tunjukan itu menggiring opini publik. Yang akhirnya membuat publik beropini bahwa cantik itu ada standarnya, dan ada yang harus dicapai mengenai penampilan dan juga standar cantik seseorang. Beauty campaign Muddy Buddy ini adalah ingin membuktikan bahwa semua wanita itu cantik apa adanya. Tanpa harus merubah apa yang sudah mutlak pemberian Tuhan kepada diri terutama fisik seseorang. Dalam hal ini, yang paling marak dan yang paling Muddy Buddy angkat adalah tentang konsep cantik=putih. Padahal, tidak semua orang ditakdirkan memiliki kulit putih. Sehingga banyak orang yang melakukan segala cara hanya untuk mencapai standar cantik yang salah dari media tersebut. Framing yang ingin ditunjukkan oleh Muddy Buddy adalah mengembalikan makna cantik nmenjadi makna cantik yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi Muddy Buddy dalam merubah standar cantik di Instagram @muddybuddy berhasil meyakinkan masyarakat terutama pengguna Instagram bahwa standar cantik itu sebenarnya relatif dan tidak ada ukuran pastinya.

Kata Kunci: Cantik, beauty campaign, standar kecantikan, fikik, media


Keywords


Cantik, beauty campaign, standar kecantikan, fikik, media

Full Text:

PDF

References


Butterick, Keith.2014.Pengantar Public Relations Teori dan Praktik.Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Cangara, Hafied.2016.Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Dewi, Visakha Ratna & Septia Winduwati.2019.Kampanye Tubuh Positif Perempuan “Real People Real Body†Oleh @nipplets_official.Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Nasution, Zulkarimen.2012.Komunikasi Pembangunan Pengenalan Teori dan Penerapannya.Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Ratnasari, Anne.2008.Internet sebagai Media Penunjang Studi Mahasiswa.Bandung: Universitas Islam Bandung.

Ruslan, Rosady.2007.Manajemen Public Relations & Media Komunikasi.Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sandhy, Area.2016.Pemaknaan Perempuan Terhadap Konstruksi Mitos Kecantikan di Media Online Femaledaily.com.Surabaya: Universitas Diponegoro.

Sari, Andi Tri.2016.Kecantikan di Kalangan Mahasiswi. Makassae: Universitas Hasanuddin.

Venus, Antar.2018.Manajemen Kampanye Panduan Teoretis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Yulianita, Neni.2012.Dasar-Dasar Public Relations.Bandung: Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25319

Flag Counter   Â