Representasi Keluarga pada Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Iniâ€

Tarekh Afdal Mohamad Yazid

Abstract


Abstract: The film "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" is a film directed by Angga Dwimas Sasongko. It is a film about a family that has secrets and past traumas. The strength of families that are always there for each other also strengthens harmony between each other.  The purpose of this research is to find out the representation of the family depicted in the film "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini†through the structure of signs and symbols. The method used in this study is a semiotic analysis method with a qualitative approach. To collect data from the film "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" is to observe images and sounds or dialogue in which there is an element of sign depicting the meaning of the family. It was then analyzed using Roland Barthes semiotic analysis that analyzed in two stages, namely with the denotation and connotation stage. After being interpreted in depth, the results of this study are a harmonious family that can make the whole family, especially the child feel safe, comfortable and loved. Every problem must be resolved if the whole family cooperates. Not only that, harmony in the family is also able to make the life of family members feel better.

Keywords : Representation, Film, Family, Semiotics

Abstrak: Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini†merupakan film yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Film ini merupakan film yang mengisahkan tentang satu keluarga yang memiliki rahasia dan trauma masa lalu. Kekuatan keluarga yang selalu ada untuk satu sama lain pun memperkuat keharmonisan antara satu dengan yang lainnya.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi keluarga yang digambarkan pada film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini†melalui struktur tanda dan symbol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotika dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data-data dari film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini†ini adalah dengan mengobservasi gambar dan suara atau dialog yang di dalamnya terdapat unsur tanda yang menggambarkan makna keluarga. Lalu dianalisis menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yang menganalisis secara dua tahap, yaitu dengan tahap denotasi dan konotasi. Setelah dimaknai secara mendalam maka didapatkan hasil penelitian ini yaitu keluarga yang harmonis adalah keluarga yang dapat membuat seluruh anggota keluarga terutama anak merasa aman, nyaman dan dicintai. Setiap permasalahan harus bisa diselesaikan jika seluruh anggota keluarga bekerja sama. Tak hanya itu, keharmonisan dalam keluarga juga mampu membuat kehidupan anggota keluarga terasa lebih baik.

Kata Kunci : Representasi, Film, Keluarga, Semiotika


Keywords


Representasi, Film, Keluarga, Semiotika

Full Text:

PDF

References


Arwani. (2013). Komunikasi Dalam Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Danesi, M. (2010). Pesan, Tanda dan Makna. In Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi (p. 24). Yogyakarta: Jalasutra.

Djamarah, S. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobur, A. (2004). Analisis Teks Media : Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Umberto, E. (2009). Teori Semiotika Signifikasi Komunikasi. Jakarta: Kreasi Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25294

Flag Counter   Â