Strategi Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat dalam Mempertahankan Citra Pasca Tertembaknya Dua Pengedar Sabu oleh Petugas BNN Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Karawang

Akhmad Syarif Muhyidin, Wulan Tri Gartanti

Abstract


Abstract: Image Problems An institution is important to measure the strengths and weaknesses of the institution in terms of Quality, Performance, Responsibility and Attractiveness so as to create and maintain perceptions and provide reliable information about the institution. In connection with this research the author takes the title "West Java Province BNN Strategy in Maintaining Image". In accordance with the title that the author chose, the author identifies the problem as follows: BNNP West Java Province is mandated by the state to carry out the Eradication Program for the Prevention of Drug Abuse and Illicit Drug Trafficking (P4GN). If this program is successful it will improve the image of the institution, but often times The success that has been obtained is often not conveyed because the role of PR is not maximal, for that a strategy is needed to inform the right news, as well as the obstacles that the West Java Provincial BNN in maintaining its image. The method used in this study is a qualitative method with a case study. The results of this study, the West Java BNNP succeeded in maintaining a positive image, because it could reduce the prevalence of drug users in West Java in the 2017 to 2019 period, act professionally and enforce a legal approach in dealing with cases of drug abuse, conduct prevention with a persuasive approach and carry out rehabilitation for drug addicts, so that public trust increases.

Keywords: Image, Strategy, Public Relations, Drugs

Abstrak: Keberhasilan yang telah diperoleh sering tidak tersampaikan karena peran Humas yang tidak maksimal, untuk itu dibutuhkan strategi  menginformasikan berita yang tepat,  serta kendala yang dilakukan BNN Provinis Jawa Barat dalam mempertahankan citra. Tujuan  penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi program yang dilakukan BNN Provinsi Jawa Barat dalam mempertahankan citra.  Untuk mengetahui  langkah-langkah strategi yang diambil BNN provinsi Jawa Barat dalam mempertahankan citra. Untuk mengetahui strategi menginformasikan berita tersebut yang dilakukan BNN Provinsi Jawa Barat dalam mempertahankan citra. Serta mengetahui kendala yang dihadapi BNN Provinsi Jawa Barat dalam mempertahankan citra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Metode Kualitatif dengan pendekatan  studi kasus. Hasil dari Penelitian Ini BNNP  Jawa Barat berhasil dalam mempertahankan citra positif, karena dapat menurunkan Prevelensi tingkat pengguna Narkoba di Jawa Barat dalam periode 2017 sampai dengan 2019, bertindak profesional dan menegakkan pendekatan hukum dalam menangai kasus Penyalahgunaan Narkoba, melakukan Pencegahan dengan pendekatan persuasip serta melakukan rehabilitasi untuk pecandu narkoba, sehingga kepercayaan publik meningkat.

Kata Kunci : Citra, Strategi, Humas, Narkoba 


Keywords


Citra, Strategi, Humas, Narkoba

References


Ambar. 2017. "Teori Interaksi Simbolik – Asumsi – Kritik." https://pakarkomunikasi.com/teori-interaksi-simbolik.

Ganjar. 2017. "Teori Konstruksivisme (Konteks Komunikasi Antar Pribadi." http://www.cakganjar.com/2016/01/teori-konstruktivisme-konteks.html.

http://humasbnnpjabar.blogspot.com/p/dokumentasi-kegiatan.html. Di-upload tanggal 20 September 2020. dokumentasi-kegiatan.html.

https://bnn.go.id/siaran-pers/. Di download tanggal 20 September 2020. Siaran Pers Bidang Pemberantasan.

https://ppid.bnn.go.id/. Download tanggal 12 September 2020. Pusat Pengolahan Data dan Informasi.

https://puslitdatin.bnn.go.id/profil/. Diupload tanggal 20 September 2020. Pusat Penelitian data dan Informasi.

https://www.detik.com/tag/bnn-jabar. n.d.

Indahingwati, Asmara. 2019. Kepuasan Konsumen dan Citra Institusi Kepolisian Pada Kualitas Layanan Sim Corner Di Indonesia. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Nurhadi, Zikri Fachrul. 2017. Teori Komunikasi Kontemporer. Depok: Kencana.

Saputra, Mulyadi. 2012. "Paradigma Positivisme, Konstruksivisme, dan Kritis dalam ." http://terinspirasikomunikasi.blogspot.com/2012/12/paradigma-positivisme.-konstruktivisme.html.

Sari, A Anindhita. 2017. Dasar-dasar Public Relations: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Depublish.

Umar, Husein. 2001. Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, Hengki. 2018. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makkasar : Sekolah Tinggi Theologia Jaffay .

Yuningsih, A. (2006). Implementasi Teori Konstruksi Sosial dalam Penelitian Public Relations. Mediator: Jurnal Komunikasi, 7(1), 59-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25203

Flag Counter