Strategi Humas PT Kereta Api Indonesia (PERSERO)

Hadis Akbar Setiawan, Riza Hernawati

Abstract


Abstract: Social media is an online-based media that is used in this modern era, developing along with the era of social media to become a lifestyle for the community. Social media can make it easier to convey and get information quickly, companies in Indonesia must be able to maximize the potential of existing social media so that it can make it easier for companies to communicate with the public as well as state-owned companies that transport PT.Kereta.Api. Indonesia ( Persero), especially in 2020 transportation has decreased due to the Covid-19 pandemic. Public Relations of PT.Kereta.Api.Indonesia (Persero) must be able to make a strategy to maximize the potential for strengthening social media as one of the improvements in services, research uses the case study method where data coagulation techniques include interviews, observation, and literature study. The results of this study will explain how the PR steps of PT Kereta Api Indonesia (Persero) in selecting content on Instagram social media, the process of creating PT Kereta Api Indonesia (PERSERO) Instagram social media content, and the reasons for PT Kereta Api Indonesia public relations to choose media. social instagram as one of the ways to improve services during the Covid-19 pandemic.

Keywords: Instagram, Service, PT KAI, Pandemic Covid-19

Abstrak: Media social merupakan media berbasis online yang digunakan pada era modern ini, seiring berkembangnya jaman media social menjadi sebuah gaya hidup bagi masyarakat. Media social bisa memudahkan untuk menyampaikan dan mendapatkan informasi dengan cepat, perusahaan-perusahaan yang berada di Indonesia harus bisa memaksimalkan potensi media social yang ada sehingga bisa memudahkan perusahaan dalam hal berkomunikasi dengan masyarakat begitu pula dengan perusahaan BUMN yang bergerak di transportasi PT.Kereta.Api.Indonesia (Persero), apalagi di tahun 2020 ini transportasi mengalami penurun akibat pandemic covid-19. Humas PT.Kereta.Api.Indonesia (Persero) harus bisa membuat strategi untuk memaksimalkan potensi penguatan media social sebagai salah satu peningkatan pelayanan, penelitian ini menggunakan metode studi kasus dimana teknik pengumpalan datanya meliputi wawancara,observasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) pemilihan konten di media sosial Instagram, bagiaman proses pembuatan konten media social Instagram PT Kereta Api Indonesia (PERSERO), dan alasan humas PT Kereta Api Indonesia memilih media sosial instagram sebagai salah satu untuk meningkatkan pelayanan di masa pandemc covid-19 ini.

Kata Kunci: Instagram, Pelayanan, PT KAI, Pandemic covid-19


Keywords


Kunci: Instagram, Pelayanan, PT KAI, Pandemic covid-19

References


Adnanputra, Ahmad S.. Corporate Strategy and PR Strategy. Jakarta, 1986. Dikutip dalam Ruslan, Rosady. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi) Edisi Revisi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2001.

Andres, Kaplan & Michael HaenLein, (2010).User Of The World, Unite! TheChallenges and Opportunities Of Social Media, Business Horizons.

Assumta, Sr Maria Rumanti. 2002. Dasar-Dasar Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta : PT Grasindo.

Byars, Napoleon. (2012). The Practice of Government Public Relations.

NewYork: CRC Press.

Deddy (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandy, (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Yogyakarta

Widyawan, R. (2012). Pelayanan referensi berawal dari senyuman, Bandung: Bahtera Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25173

Flag Counter