Efektivitas Akun Instagram @pikobar_jabar dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Followers

Puti Zahra, Riza Hernawati

Abstract


Abstract: With the development of the internet as it is today, humans are facilitated in everything. The internet is a communication revolution that is most widely used by people. The emergence of the internet made humans more efficient in doing their jobs. One of the conveniences is in finding information - the development of social media has come down presenting different needs. At first Instagram was only used as a means of self-existence, but at this time Instagram can be used as a place to provide news. For example, the function of Instagram as news is the Instagram account @pikobar_jabar. This account contains information about the Covid-19 virus, especially in West Java. This researcher aims to find out how effective the @pikobar_jabar Instagram account is in meeting followers' information needs. In this study, the researcher used a quantitative approach and used a descriptive study. The data collection technique used was a research questionnaire with 100 respondents and literature study that was relevant for this research. In conveying information, the Instagram account @pikobar_jabar produces messages effectively-covering clarity, accuracy, context, flow and culture. In clarity, delivering information includes language by packaging info in detail and easily understood by the audience. The accuracy in conveying information is in accordance with the actual events and uses language according to the target of communication. In the context of delivering information, it is able to support, clarify or even clarity of messages. In the flow according to the busy news and talk and convey quickly. And finally, in culture, information is packaged in good sentences so as to avoid misunderstandings and use of language according to EYD. Based on the research, the results show that in fulfilling followers' information needs, the Instagram account @pikobar_jabar is declared effective in providing information about Covid-19 in West Java.

Keywords: Effectiveness, Instagram, @Pikobar_Jabar, Information, Followers.

Abstrak: Dengan adanya perkembangan internet seperti saat ini, manusia dimudahkan dalam segala hal. Internet menjadi revolusi komunikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Kemunculan internet menjadikan manusia menjadi lebih efisien dalam mengerjakan suatu pekerjaannya. Adapun salah satu kemudahannya adalah dalam mencari informasi-perkembangan media sosial turun menyuguhkan kebutuhan yang berbeda-beda. Pada awalnya Instagram hanya dipergunakan sebagai alat eksistensi diri namun pada saat ini instagram bisa dijadikan sebagai wadah untuk memberikan berita. Sebagai contoh fungsi instagram sebagai berita yaitu akun instagram @pikobar_jabar. Akun tersebut berisi tentang informasi seputar virus Covid-19 terlebih khususnya di daerah Jawa Barat. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifnya akun instagram @pikobar_jabar dalam memenuhi kebutuhan informasi followers. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket penelitian dengan 100 responden dan studi pustaka yang relevan untuk penelitian ini. Dalam penyamapaian informasi, akun Instagram @pikobar_jabar menghasilkan pesan secara efektif-dengan meliputi kejelasan,ketepatan, konteks, alur dan budaya. Dalam kejelasan menyempaikan informasi meliputi bahasa dengan mengemasan info secara detail dan mudah di pahami khalayak. Dalam ketepatan menyampaikan informasi telah susai dengan kejadian sebenarnya dan menggunakan bahasa sesuai sasaran komunikasi. Adapun dalam konteks penyampaian informasi, mampu mendukung, memperjelas atau bahkan kejelasan pesan. Dalam alur telah sesuai dengan berita yang ramai dan bicarakan dan disampaikan secara cepat. Dan terakhir, dalam budaya, informasi dikemas dengan kalimat yang baik sehingga terhindar dari kesalahpahaman dan penggunaan bahasa sesuai EYD.  Berdasarkan penelitian, hasil menunjukan bahwa dalam memenuhi kebutuhan informasi followers bahwa akun Instagram @pikobar_jabar dinyatakan efektif dalam memberikan informasi mengenai Covid-19 di Jawa Barat.

Kata Kunci : Efektivitas, Instagram, @Pikobar_Jabar, Informasi, Followers


Keywords


Efektivitas, Instagram, @Pikobar_Jabar, Informasi, Followers

References


Amedie, J. (2015). The impact of social media on society.

Burhan, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Prenada Media.

Croteau, D., & Hoynes, W. (2013). Media/society: Industries, images, and audiences. Sage Publications

Kadir, M. R. A., Johari, N. I. S., & Hussin, N. (2018). Information Needs and Information Seeking Behaviour: A Case Study on Students in Private University Library. DEVELOPMENT, 7(3). https://hrmars.com/hrmars_papers/Information_Needs_and_Information_Seeking_Behaviour_A_Case_Study_on_Students_in_Private_University_Library.pdf

Martoyo, S. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 5, Cetakan Pertama. In Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25161

Flag Counter