Digital Branding Fotografer di Media Sosial Instagram

Billal Zulham R, Maya Amalia O Palapah

Abstract


Abstract: To be a good brand and seen by public certainly need a right branding strategy. Branding can be done through conventional media or digital media. One of the rapidly developed digital media is Instagram. The number of Instagram users are increasing every year. It makes Instagram as a potential platform to promote a brand. For example, Narendra Kameshwara used Instagram in branding himself as a stage photographer. How he makes his Instagram account @nareend as a portfolio and a branding strategy in digital media is one of this research focuses. The objectives of this research were to find out how and why Narendra Kameshwara did his digital branding through Instagram account @nareend, and to find out the factors that hinder the digital branding. This research used pure qualitative methods. The data collection techniques in this research was in-depth interview instruments, documentation, non-participant observations, and literature studies. In testing the data validity and research results were used triangulation techniques of data sources. The result of this research, digital branding conducted by Narendra Kameshwara through a portfolio on Instagram account @nareend was the management of feed content, constantly maintained interactions, and also keeping a good personality. The obstacles that occurred usually the audience factor and also understanding the characteristics of social media. Instagram was used because of its large number of followers as well as features and content that suited photographers need.

Keywords: Digital Branding, Photographer, Stage Photography, Instagram.

Abstrak: Dalam menjadi sebuah brand atau merek yang dapat menjual dan dilihat oleh khayalak luas diperlukan sebuah branding yang baik tentunya. Branding sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara baik menggunakan media konvesional ataupun menggunakan media digital. Salah satu bagian dari media digital adalah media sosial Instagram. Perkembangan media sosial Instagram sudah meningkat tajam setiap tahunya, penggunanya terus bertambah pesat seiring perkembangan zaman, dan hal tersebut menjadikan Instagram menjadi tempat yang potensial dalam melakukan branding. Narendra Kameshwara adalah seorang fotografer yang menggunakan media sosial dalam melakukan branding sebagai fotografer stage photography. Lalu bagaimana sebuah portofolio di akun Instagram @nareend dapat menjadi sebuah digital branding dari Narendra Kameshwara. Hal tersebut termasuk dalam fokus penelitian. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui bagaimana digital branding Narendra Kameshwara melalui portofolio di akun Instagram @nareend, Faktor yang menghambat digital branding Narendra Kameshwara di Instagram, dan Mengapa Narendra Kameshwara melakukan digital branding di Instagram. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif murni. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen wawancara mendalam, dokumentasi, observasi non partisipan dan studi literatur. Dalam menguji keabsahan data dan hasil penelitian menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini, proses digital branding yang dilakukan oleh Narendra Kameshwara melalui portofolio di akun Instagram @nareend lebih kepada pengelelolaan konten feeds, interaksi yang terus dijaga, dan juga menjaga reputasi serta nama baik. Dalam hambatan yang terjadi biasanya faktor kemasalan dan juga kurangnya pemahaman mengenai karakteristik media sosial dapat menjadi sebuah hambatan dalam melakukan digital branding di media sosial Instagram, dan alasan mengapa Instagram yang digunakan lebih kepada jumlah pengikutnya yang banyak serta fitur dan konten yang sesuai dengan fotografer butuhkan.

Kata Kunci: Digital Branding, Fotografer, Stage Photography, Instagram.


Keywords


Digital Branding, Fotografer, Stage Photography, Instagram

Full Text:

PDF

References


Darmawan,Ferry. (2009).Dunia Dalam Bingkai. Yogyakarata: Graha Ilmu

Chaffey, D.,&F.E.Ellis-Chadwick. 2012. Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. 5th Edition. London: Pearson Education Limited.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yunus, U. (2019). DIGITAL BRANDING TEORI DAN PRAKTIK (N. S. Nurbaya (ed); Pertama). Simbiosa Rekatama Media




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25151

Flag Counter   Â