Hubungan antara Materi Dakwah Komunitas Jejak Shahabat dengan Pengetahuan Agama Islam Mahasiswa Universitas Islam Bandung

Alvine Adam Al-hafizh, M. Subur Drajat

Abstract


Abstract: Departing from the phenomenon of young people migrating in the city of Bandung, when people who have just migrated, the age of students is included in the category of early adulthood or late adolescence who are generally vulnerable to the age of 18-25 years, therefore at that age there is a change in interest including interest in religion. Seeing the phenomenon of many young people moving to the city of Bandung, the higher the interest of young people to follow Islamic studies. With an interesting study concept that is more relaxed, not rigid, but still in accordance with the teachings of Islam. Like the da'wah communities in the city of Bandung. Therefore, Jejak Sahabat is present as a da'wah community or Majelis ta'lim in the city of Bandung. The focus of preaching from the Footsteps of Sahabat delivers da'wah materials about, aqidah, manners, and manhaj. The routine study conducted by Jejak Sahabat conveyed preaching material which was packaged in a light pattern typical of young people, was visually very good, interesting and replaced the sound of music with natural sounds or sound effects. The author uses quantitative research methods, with a correlational approach. The population in this study were Unisba students from the Faculty of Communication, Economics, and Law class 2017 totaling 1,241 students. The sampling technique in this study used proportional stratified random sampling and used the Slovin formula, with a 10% percent leeway in inaccuracy so that the sample taken was 93 samples. The results of this study indicate that there is a relationship between the da'wah material of the Jejak Sahabat community with Islamic knowledge of students at the Islamic University of Bandung, with a correlation test result of 0.775.

Keywords: Da'wah message, Knowledge, Jejak Shahabat community, students

Abstrak: Berangkat dari fenomena berhijrah anak muda di kota Bandung, ketika orang-orang yang baru berhijrah, usia mahasiswa masuk kedalam kategori dewasa awal atau remaja akhir yang pada umumnya dengan rentan usia 18-25 tahun oleh karena itu pada usia tersebut terjadi perubahan minat termasuk minat terhadap agama. Melihat fenomena banyak nya anak muda yang berhijrah di kota Bandung, maka semakin tinggi minat anak muda untuk mengikuti kajian-kajian agama Islam. Dengan konsep kajian yang menarik lebih santai, tidak kaku, tetapi tetap sesuai dengan ajaran agama Islam. Seperti komunitas - komunitas dakwah di kota Bandung. Oleh karena itu Jejak Shahabat hadir sebagai komunitas dakwah atau Majelis ta’lim yang ada di kota Bandung. Fokus dakwah dari Jejak Shahabat menyampaikan materi-materi dakwah mengenai, aqidah, adab, dan manhaj. Kajian rutin yang di adakan oleh Jejak Shahabat menyampaikan materi dakwah yang dikemas dengan pola ringan khas anak muda, secara visual sangat baik, menarik dan mengganti suara musik dengan suara-suara alam atau sound effect. Penulis menggunakan metode penelitian Kuantitatif, dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Unisba dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Ekonomi, dan Hukum angkatan 2017 sebanyak 1.241 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan proportional stratified Random Sampling serta menggunakan rumus Slovin, dengan persen kelonggaran ketidaktelitian 10% sehingga sampel yang diambil sebanyak 93 Sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara materi dakwah komunitas Jejak Shahabat dengan pengetahuan agam Islam mahasiswa Universitas Islam Bandung, dengan hasil uji korelasional sebesar 0.775

Kata Kunci: Pesan Dakwah, Pengetahuan, Komunitas Jejak Shahabat Mahasiswa.


Keywords


Pesan Dakwah, Pengetahuan, Komunitas Jejak Shahabat Mahasiswa.

References


Ardianto, Elvinaro. 2016. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Latifah, Fitriatul. 2016. "Teknik Penyampaian Pesan Dakwah dalam Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita". Skripsi. Semarang: UIN Walisongo.

Suhito.2018.”Menumbuhkan kemampuan Kognitif Dimensi Konseptual dalam Perkuliahan Geometri pada Jurusan Matematika FMIPA Unnes” dalam journal.unnes.ac.id. Universitas Negeri Semarang. Prisma 1 Tahun 2018 (hlm 466).

Hurlock, Elizabeth B.2018. Psikologi perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kriyantono, Rachmat 2014. Teori-teori Public Relations Perspektif barat & lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. PT Fajar Interpratama Mandiri, Kencana.

Effendy, Onong Uchjana. 2017. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 2014. Komunikasi Teori dan Filsafat. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Arifin, Anwar. 2011. Komunikasi Politik Filsafat-Paradigma-Teori-Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiawan,Erik.2017. Makna Hijrah Pada Mahasiswa Fikom Unisba Di Komunitas (Followers) Account LINE@DakwahIslam, dalam jurnal Mediator : jurnal komunikasi. Universitas Islam Bandung. Vol 10 No 1Tahun 2017 (hlm 99)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.24904

Flag Counter