Analisis CSR PT XL Axiasta

Aditya Agung Purnama, Wulan Tri Gartanti

Abstract


Abstract: The study was entitled PT XL AXIASTA CSR ANALYSIS (Case Study Regarding XL CSR Analysis at Better Homes in Bandung District Offices). Where PT XL Axiata provides CSR activities with the Better Home program. This program was held during the covid 19 pandemic. With the CSR program, PT XL Axiata made a breakthrough in enhancing its image in the local community. The objectives of this study: 1) Want to see the initial concept stage of CSR activities at a Better Home PT XL Axiata (Tbk) 2) want to see the relationship between schools / campuses that have PT XL Axiata Corporate Social Responsibility cooperation, 3) Want to know the results of the evaluation in CSR activities at home is better. This research was conducted in the city of Bandung. In this study using a qualitative case study method with data collection, observation, interviews. The key informants in this study were 4 employees of PT XL Axiata Bandung regarding the Corporate Social Responsibility program at a Better Home. This research was written by Aditya Agung Purnama. In this research, the researchers found that in this study the CSR program at home is more effective in implementing its CSR. The results of this study XL provided donations in the form of a quota or free web to the campus to make it easier for students to study for free even in the midst of the COVID-19 pandemic. This free quota is provided in collaboration with the campus during the contract period that has been agreed upon. XL's aim in doing this activity is to build an image of the program which is carried out by means of a Better Home

Keywords: CSR, CITRA, XL

Abstrak: Penelitian ini berjudul ANALISIS CSR PT XL AXIASTA (Study Kasus Mengenai Analisisi CSR XL Di Rumah Lebih Baik Kacab Bandung). Dimana PT XL Axiata memberikan kegiatan CSR dengan program Di rumah Lebih Baik. Program ini di adakan ketika adanya pandemi covid 19. Dengan adanya program CSR ini pihak PT XL Axiata melakukan trobosan penaikan citra dalam kalangan masyarakat setempat. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Ingin mengetahui tahap konsep awal dari kegiatan CSR Di Rumah Lebih Baik PT XL Axiata (Tbk) 2) ingin mengetahui hubungan antara sekolah/kampus yang terjalin kerjasama Corporate Social Responsibility PT XL Axiata, 3) Ingin mengatahui hasil evalusi dalam kegaiatan CSR Di Rumah lebih Baik. Penelitian ini dilakukan di kota Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan metode study kasus kualitatif dengan pengambilan data observasi,wawancara. Key informan dalam penelitian ini adalah dari 4 orang kariyawan PT XL Axiata Bandung yang mengetahui tentang program Corporate Social Responsibility Di Rumah Lebih Baik. Penelitian ini di tulis oleh aditya agung purnama dalam peneitian ini peneliti mendapatkan hasil bahwa dalam penelitian ini dalam program CSR Di rumah Lebih bisa dibilang sudah efektif untuk dalam pelaksaanaan CSR nya. Hasil dari penelitian ini pihak XL memberikan donasi berupa quota atau web gratis terhadap pihak kampus untuk mempermudah mahasiswa/siswa belajar dengan secara gratis walapun di tengah pandemi covid 19 ini. Pemberian quota grtais ini di lakukan secara kerja sama dengan pihak kampus dengan selama masa kontrak yang sudah di sepakati. Tujuan XL melakukan kegaiatan ini adalah membangun citra dari program yang di lakukan yaitu Di Rumah Lebih Baik

Kata Kunci: CSR, CITRA, XL


Keywords


CSR, CITRA, XL

References


Asep Efendi.2011. Panduan Lengkap Perencanaan Csr.Jakarta: Niga Swadaya

Christine Daymon, Immy Holloway.2007. Metode-Metode Dr. Dedi Kurnia Syah Putra.2019. Political social responsibility: Dinamika komunikasi politik dialogis. Jakarta :Prenadamedia group

Kriyantono, R. 2014. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Pranada.

Nurdizal M. Rachman.2011. Panduan Lengkap Perencanaan Csr.Jakarta: Niga Swadaya

Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Publik Relation dan Media Komunikasi

Silih Agung Waesa.2006. strategi public relation. Jakarta:PT Gramedia Pusataka utama

Putri Dewi Ayu.2018. Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility dan Peningkatan Penghasilan. Jurnal unsar.

Anuar Rasyid, Amiruddin Saleh, Hafied Cangara, Wahyu Budi Priatna, 2015. Komunikasi dalam CSR Perusahaan: Pemberdayaan Masyarakat dan Membangun Citra Positif. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/1564




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.24854

Flag Counter