Telemarketing sebagai Salah Satu Strategi Marketing PR

Ita Maryane Krisnawati, Wulan Trigartanti

Abstract


Kompetisi dunia usaha yang terus meningkat membuat kalangan pemasaran harus semakin jeli membidik peluang. Guna membidik peluang yang baik dibutuhkan strategi pemasaran yang baru. Seperti telemarketing dan Strategy Marketing Public Relations.

Strategi marketing merupakan hal yang paling krusial bagi perusahaan. Tanpa strategi marketing yang tepat, perusahaan tidak dapat membidik konsumen. Hal ini terjadi pada Practo Technologies Pvt. Ltd. sebagai salah satu perusahaan international di Singapura & India.

Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai Telemarketing sebagai salah satu Strategi Marketing PR. Objek yang diteliti adalah bagian telemarketing di Practo Technologies Pvt. Ltd.

Metode yang digunakan adalah deskriptif yang dianggap dapat memberikan gambaran secara lengkap. Data hasil penelitian diperoleh melalui wawancara yang mendalam dan sasaran dalam penelitian, yaitu Penanggung Jawab telemarketing juga beberapa karyawan telemarketing, observasi langsung dilapangan dan secara terus-menerus mengkonfirmasinya dengan buku-buku yang relevan dengan masalah penelitian.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa telemarketing sebagai salah satu strategi marketing PR. Peneliti meneliti mulai dari Kinerja telemarketing executive yang diberikan pelatihan singkat. Sehingga dalam pelaksanaannya mereka mendapatkan calon konsumen.

Lalu, Menghubungi Pelanggan oleh telemarketing ditentukan oleh komunikasi dan relasi yang dibangun oleh telemarketing executive. Juga, Membujuk calon pelanggan yang ditentukan oleh cara telemarketing yang harus persuasive sehinnga konsumen yakin terhadap produk/jasa yang ditawarkan.


Keywords


Telemarketing, Strategi Marketing PR, Practo

References


Ardianto, Elvinaro. 2004. Public Relations. Bandung : Pustaka Bani Quraisy

Bendremer, Ellen. 2003. Top Telemarketing Techniques. New Jersey U.S.A : The Carrer Press Inc.

Harris, Thomas. L. 1991. The Marketer’s Guide to Public Relations. U.S.A : John Wiley & Sons, Inc

Holden, Kelly. 2004. Telemarketing. www.bnet.com

Hoofman, K. Douglas. 2011. Service Marketing : Concept, Strategies & Cases. U.S.A : South Western College

Iriantara, Yosal. .2005. Media Relations. Bandung :Simbiosa Rekatama Media

Rowson, Pauline. 2008. Kiat Sukses Menjual. Jakarta : PT Ina Publikatama

Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relations. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Subroto, Budiarto. 2011. Pemasaran Industri: Business to Business Marketing. Yogyakarta : ANDI




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2388

Flag Counter   Â