Hubungan Personal Selling dengan Minat Calon Nasabah di Prudential Sukabumi

Mayanda Sari Vainingrum, Tresna Wiwitan

Abstract


Prustars (Prudential) cabang Sukabumi sebagai perusahaan yang masih baru menyadari akan promosi yang sangat penting dalam memperkenalkan produk-produk yang dimiliki. PRUstars (Prudential) cabang Sukabumi yang bergerak dalam bidang usaha jasa asuransi kemudian melakukan berbagai kegiatan promosi antara lainpersonal selling. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan personal selling yang telah dilakukan oleh pihak PRUstars (Prudential) cabang Sukabumi, untuk mengetahui minat calon nasabah untuk keinginan/minat produk jasa asuransi yaitu PRULinkSyariah.Metode penelitian adalah Korelasional yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara variabel X yaitu personal selling dan variabel Y yaitu minat calon nasabah.  Data yang didapatkan, melalui penelitian lapangan melalui wawancara, dan penyebaran angket kepada para calon nasabah yaitu ibu rumah di kelurahan Kebonjati RW XI sebanyak 50 responden, dilengkapi dengan studi kepustakaan. Teknik penarikan sampel yang peneliti gunakan adalah teknik Sampling (Cluster Sampling). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 3 variabel X dari personal selling terdapat hubungan yaitu pada keterampilan, tingkat keahlian, dan tingkat motivasi. Sedangkan dari sisa variabel  X tidak saling berhubungan yaitu persepsi peran, karakteristik pribadi, dan adaptabilitas.


Keywords


Aktivitas Personal Selling, PRULinkSyariah, Minat

References


Alma, Buchori. 1987. Psikologi Komunikasi. Bandung :Psikologi Komunikasi.

Arikunto, Suharsimi. 1998. ProsedurPenelitian. Metode Penelitian suatu Pendekatan Praktek.J akarta :RinekaCipta.

Effendi, Onong Uchjana.Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi.Bandung : PT. Citra AdityaBakti.

Fisher, B. Aubrey. 1990. Teori – teori Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jefkins, Frank. 1996. Public Relations. Jakarta : PT. Erlangga.

Kotler, Philip. 2002. ManajemenPemasaranedisi millennium 1.Jakarta :Prenhallindo.

Rachmat, Jalaludin.2010. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Risdakarya.

Rismiati, E.Catur – Suratno, ig.Bondang. 1999. Pemasaran Barang dan Jasa. Yogyakarta : PT. Kanisius.

Ruslan, Rosady. 2008. Metode Penelitian: public relations & komunikasi. Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada.

Shimp, A. Terrence. 2001. Periklanan Promosi. Jakarta : PT. Erlangga.

Sujianto, A. E. 2007. Aplikasi Statistik dengan SPSS Untuk Pemula. Jakarta :PrestasiPustaka.

West, Richard (dan) Lynn H. Turner. 2009. Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta :Salemba Humanika.

Internet :

www.Kompasiana.com, 06 April 2015, 20.15 WIB

www.prudential.co.id, 6 April 2015, 20.30 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2358

Flag Counter   Â