Interpretasi Diri Seorang Disc Jockey Perempuan

rangga lesmana, Ani Yuningsih

Abstract


Skripsi penulis yang berjudul “Interpretasi Diri Seorang Disc Jockey Perempuan†ini dilatar belakangi fenomena setiap manusia memiliki langkah-langkah khusus dalam mempresentasikan dirinya kepada orang lain. Apalagi jika kesempatan mempresentasikan diri ini berada pada konteks entertaint. Pada umumnya orang ingin menampilkan dirinya dengan baik dan mengesankan di hadapan orang lain. Disc Jockey bukan lagi hanya diminati kaum laki-laki saja, belakangan ini profesi ini juga mulai banyak diminati kaum perempuan yang biasa disebut juga Female DJ ( FDJ ). Untuk menganalisis permasalahan di atas, penulis menggunakan teori Goffman mengasumsikan bahwa ketika orang-orang berinteraksi, mereka akan menyajikan suatu gambaran-diri yang akan diterima oleh orang lain. Ia menyebut itu sebagai “pengelolaan kesanâ€, Menurut Goffman, kebanyakan atribut, milik atau aktivitas manusia digunakan untuk menampilkan dirinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan dramaturgis yang dikemukakan oleh Erving Goffman dalam bukunya Dedy Mulyana “Metode Penelitian Kualitatifâ€. Subjek penelitian ini adalah Interpretasi Diri dan Seorang Disk Jockey perempuan sebagai objek penelitian ini. Dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur ( kepustakaan ) dan penelitian lapangan ( observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi ). Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan, yaitu Triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kesan yang dibangun oleh Disk Jockey perempuan, antara front stage dan back stage memiliki perbedaan dalam dua wilayah tesebut.

Keywords


Disc jokey perempuan, impression management, dramaturgi

References


Basrowi dan Sukidin.2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro, Surabaya: Insan Cendikia.

Mulyana, Dedy dan Rakhmat, J. 2003. Komunikasi Antar Budaya Panduan Berkomunikasi dengan Orang-orang Berbeda Budaya. PT Remaja Rosdakrya.

Mulyana, Dedy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Acuan Internet

http://www.indonesiaclubbing.com/ (pada tanggal 20 januari, 19.00 WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2127

Flag Counter   Â