Hubungan antara Aktivitas Stakeholder Relations dengan Citra Perusahaan

Asmeniatrie Suryono, M Subur Drajat

Abstract


Abstract. Stakeholder is one of the important elements in the survival of an organization, with the existence of stakeholders can help the company or organization to achieve the goals. One company that conducts stakeholder relations activities is Askelerasi Entertainment. Akselerasi Entertainment is a company engaged in the entertainment that is promoter event. The products produced by Acceleration Entertainment is a 90s-themed music concert called The 90 's Festival. This 90s-themed music Festival has been successfully held four times and successfully brought in national and international artists with thousands of visitors in each of its organizers. Therefore, the authors interested to examine the activity of stakeholder relations conducted by Akselerasi Entertainment. The study used quantitative methods with a correlational approach to determine the relationship between stakeholder aspects according to Ronald K. Mitchell with the corporate image as a bound variable. From research using cluster sampling, researchers found the conclusion that there was a relationship between stakeholder relations acceleration Entertainment in The 90 's Festival 2018 event with corporate image.

Key word: stakeholder, The 90’s Festival, corporate image

Abstrak. Stakeholder merupakan salah satu unsur penting dalam keberjalanan sebuah organisasi, dengan adanya keberadaan stakeholder dapat membantu perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan atau cita-cita tersebut. Salah satu perusahaan yang melakukan aktivitas stakeholder relations adalah Askelerasi Entertainment. Akselerasi Entertainment merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang entertainment utamanya adalah promotor event. Produk yang dihasilkan oleh Akselerasi Entertainment adalah sebuah konser musik bertema tahun 90an yang bernama The 90’s Festival. Festival musik bertemakan tahun 90an ini telah sukses diadakan sebanyak empat kali dan berhasil mendatangkan puluhan artis baik nasional maupun internasional dengan ribuan pengunjung disetiap penyelenggaraannya. Karena itu, peneliti tertarik ingin meneliti aktivitas stakeholder relations yang dilakukan oleh Akselerasi Entertainment. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang bertujua untuk mengetahui hubungan antara aspek stakeholder menurut Ronald K. Mitchell dengan citra perusahaan sebagai variabel terikat. Dari penelitian yang menggunakan cluster sampling, peneliti menemukan kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara stakeholder relations Akselerasi Entertainment dalam event The 90’s Festival 2018 dengan citra perusahaan.

Kata Kunci: stakeholder, The 90’s Festival, Citra Perusahaan


Keywords


stakeholder, The 90’s Festival, Citra Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (P2U)

Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soemirat. 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, Mohammad. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat Dan Lokal: Aplikasi Penelitian Dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna, Poly Emdrayanto. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta : Graham Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20523

Flag Counter