KOMUNIKASI PERSUASI HELPER DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BAGI PENDERITA THALASSEMIA

Silvia Pratiwi, Ani Yuningsih

Abstract


Abstract. Thalassemia is a disease of acute anemia inherited through genes which can be deadly. To keep survive, there are helpers who assist and motivate for them. The process of growing of motivation of people with thalassemia through persuasion communication is a technique that is used between the helper and the patient.

The study, of "Persuasive Communication of Helper in Growing the Motivation for People with Thalassemia" was performed at the Poly Thalassemia in Hasan Sadikin Hospital. The purpose of this study is to find out how persuasive communication applied by the helper to the patient. The method used is qualitative study with a phenomenological approach, and data is collect by using in-depth interviews, observation and literature study. Informants consisted of 4 helper, who are trustee who works directly in the field dealing with patients with thalassemia.

The result showed that there was a relationship between helper emotionally with people who suffered from thalassemia. In performing their duties, helpers worked based on emotional drive. Helper shared their personal experiences to persuade the patient to survive.

 

Key Words: Phenomenology approach, Helper, Persuasion

Abstrak. Thalassemia merupakan salah satu penyakit anemia akut yang diturunkan melalui gen dan dapat mematikan. Untuk bertahan hidup, mereka tidak hanya berjuang sendiri mempertahakannya, ada helper yang membantu dan memotivasi untuk mereka bertahan hidup. Proses menumbuhkan motivasi pada penderita melalui komunikasi persuasi merupakan teknik yang digunakan antara helper dan penderita, ke arah yang diinginkan ataupun  sebaliknya.

Penelitian yang berjudul “Komunikasi Persuasi Helper dalam Menumbuhkan Motivasi Bagi Penderita Thalassemia†ini dilakukan di Poli Thalassemia Rumah Sakit Hasan Sadikin. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana komuniksi persuasi diaplikasikan oleh helper terhadap penderita. Dengan studi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam. Selain itu observasi serta studi pustaka menjadi pelengkap data penelitian. Informan terdiri dari 4 orang helper yang merupakan pengurus yayasan yang terjun langsung di lapangan menangani penderita thalassemia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada keterkaitan secara emosional antara helper dengan penderita thalassemia. Dalam melakukan tugasnya, helper lebih banyak bergerak karena dorongan emosional karena mereka mengalami sendiri apa yang dirasakan penderita. Helper membagi pengalaman pribadinya pada penderita untuk penerapan dalam mengajak atau membujuk penderita untuk bertahan hidup.

 

Kata Kunci: Studi fenomenologi, Helper, Persuasi

References


Abdurrachman, Oemi. 2001. Dasar - dasar Public Relations. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Adisasmito, Wiku. 2010. Sistem Kesehatan. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Aritonang, Mika Vera. 2008. Pengalaman Keluarga dengan Anak yang Menderita Penyakit Kronis. Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara: Medan.

Keliat, Budi Anna. 2003. Hubungan Terapeutik Perawat-Klien. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Kuswarno, Engkus. 2009. Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi. Bandung: Widya Padjajaran.

Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Cetakan ke-6. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pambayan, Ellys Lestari. 2012. Communication Quotient – Kecerdasan Komunikasi Dalam Pendekatan Emosional dan Spiritual. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Roekomy, R. 1992. Dasar- Dasar Persuasi. PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Sastropoetro, RA. Santoso. 1988. Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan. Bandung: Alumni.

Stiff, James B. 2003. Persuasive Communication. New York: The Guilford Press.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sunarjo, Djoenasih. 1983. Komunikasi Persuasi dan Retorika. Yogyakarta: Liberty.

Thoha, Miftah. 2012. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sumber lain:

http://thalasemia.net/ (Diunduh pada hari Rabu tanggal 15 Januari 2014 pukul 20.25 WIB)

http://id.wikipedia.org/wiki/Talasemia (Diunduh pada hari Rabu tanggal 15 Januari 2014 pukul 21.33 WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.200

Flag Counter   Â