HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN PRIMA DENGAN CITRA POSITIF PT TASPEN (PERSERO)
Abstract
Abstrak. Sebuah pelayanan dapat meningkatkan citra perusahaan bila memiliki kualitas pelayanan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan prima dengan citra positif PT Taspen (Persero) KCU Bandung. Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif dengan metode korelasional untuk mengetahui hubungan diantara dua variabel, yakni Kualitas Pelayanan Prima (X) dan Citra Positif PT Taspen (Persero) (Y). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 500 peserta dengan sampel 83 responden. Probability sampling dengan jenis sampling random sederhana dipilih untuk teknik penarikan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan studi kepustakaan. Teknik analisa menggunakan analisis korelasional dan uji hipotesis dengan rumus koefisiensi korelasi Rank Spearman dengan α=0.005. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan secara menyeluruh bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan prima dengan citra positif PT Taspen (Persero) KCU Bandung.
Â
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Prima, Citra Positif
Abstract. A service is able to increase a company image when it has a good quality. This study aims to find out the relationship between the excellent service quality and the positive image of PT. TASPEN, the main branch office of Bandung. This study is a qualitative study using a correlative method to determine the relationship between two variables, namely excellent service quality (X) and the positive image of PT. TASPEN (Y). The population used in this study is 500 participants with 83 samples as the respondents. Probability sampling in form of simple random sampling is chosen to collect the samples. The data collecting is conducted by doing observation, distributing questionnaires, and doing literature reviews. The Analysis technique uses correlation analysis and hypothesis testing with Spearman Rank’s correlation coefficient formula with α = 0.005. The result shows that there is a significant relation between the excellent service quality and the positive image of PT. TASPEN, the main branch office of Bandung. Keywords: Service quality, excellent service, positive image.Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardianto, Elvinaro. 2008. Public Relations Pendekatan Praktis Menjadi Komunikator, Orator, Presenter dan Juru Kampanye Handal. Bandung: Widya Padjajaran
. . 2011. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations.Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Astuti, Santi Indra dan O. Hasbiansyah. 2013. Skripsi, Usulan Penelitian, dan Karya Ilmiah. Bandung: Whatif Artwork
Bigge, Morris L. 1982. Learning Theories For Theacer. New York: Harper & Row
Daryanto dan Ismanto Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
PT Taspen (Persero). Delighted Costumer Service 2013. Jakarta: PT Taspen (Persero)
Rahmayanty, Nina. 2013. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu
Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfa Beta
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management: Mewujudkan Pelayanan Prima. Edisi 1.Yogyakarta: Penerbit Andi
__________ . 2012. Service Management: Mewujudkan Pelayanan Prima. Edisi 2.Yogyakarta: Penerbit Andi
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.198
  Â