HUBUNGAN ANTARA KINERJA PELAYANAN CUSTOMER SERVICE DENGAN KEPUASAN PELANGGAN

Nitia Gumiarti, Ani Yuningsih

Abstract


ABSTRAK. Pelayanan merupakan aspek paling utama dalam menunjang kepuasan pelanggan, pelanggan tidak pernah terlepas dari suatu perusahaan terutama perusahaan yang menawarkan berbagai jasa kesehatan. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui apakah terdapat hubungan antara “Kinerja Pelayanan Customer service dengan Kepuasan Pelanggan†di RSUP Dr Hasan Sadikin Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode korelasional, sumber data yang digunakan yakni pertama dari data primer dengan menyebarkan angket atau kuesioner kepada pelanggan lalu melakukan wawancara dengan pihak yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator pada penelitian ini bersifat valid seluruhnya dan validitasnya bersifat  reliabel keseluruhan dari penelitian ini adalah terdapatnya hubungan yang signifikan antara variabel kinerja pelayanan dengan variabel kepuasan pelanggan, hal ini diperkuat hasil wawancara terhadap beberapa pihak terkait.

Kata Kunci: Kinerja pelayanan, Customer service, Kepuasan pelanggan

ABSTRACT. Service of a company is the main aspect in supporting the customers satisfaction. The customer itself cannot be separated from a company success, in this case a company which offers a health service. This study aims to find out the relationship between the service performance of customer service and the customer satisfaction in RSUP Dr. HasanSadikin, Bandung. The method used is quantitative by applying the correlational study. The data is taken by distributing questionnaires to the customers as the main data and conducting interviews to the stakeholders as the supporting data. The result determines that  the indicators in this study are entirely valid and its validity is reliable, which shows that there is a significant relationship between the service performance of customer service and the customer satisfaction. This conclusion is also supported by the result of its interview to the stakeholders.

Keywords: Service Performance, Customer Service, Customer Satisfaction.


References


Ardianto, Elvinaro 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations

Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Astuti,Santi Indra dan Hasbiansyah,).2013,Skripsi,Usulan penelitian,dan Karya Ilmiah.Bandung: Whatif Artwork

Cushway, Barry 2002. Human Resource Management.Jakarta: PT Gramedia

Effendi Uchjana Onong 1972. Human Relation dan Public Relations.

Bandung. Penerbit Mandar Maju

Majid Abdul Suharto 2011, Customer Service dalam Bisnis Jasa dan Transportasi.Jakarta.PT Raja Grafindo Persada.

Nurjaman Kadar dan Umam Khaerul 2012. Komunikasi Public Relations.Bandung, CV Pustaka Setia.

Kirom Bahrul 2009.Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen.

Bandung,Penerbit Pustaka Reka Cipta

Kotler Philip, Ang Hoon Swee, Leong Meng Siew, Tan Tiong Chin 1999. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia.Indonesia.Andi Yogyakarta.

Yulianita, Neni, 2007, Dasar-Dasar Public Relations.Bandung. Pusat

Penerbitan Universitas (P2U)

Rakhmat, Jalaluddin 2012. Metode Penelitian komunikasi.Bandung .

PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Administrasi.Indonesia.

CV. ALFABETA




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.196

Flag Counter   Â