Strategi Marketing Public Relations Sekolah Admin Online dalam Menumbuhkan Minat Bisnis Siswanya

Mugi Insan Kamil, Muhammad Husen Fahmi

Abstract


 Abstract. The title of this research is “Public Relation Marketing Strategy of Sekolah Admin Online in Increasing The Student’s Interest in Businessâ€. The purpose of this essay writing is to know how sekolah admin online’s public relation marketing strategy in increasing student’s interest in business. This research arranged by using quantitative research method and case study approachment referring to public relation marketing concept and management of public relation. The process of collecting data done by using interview technique, field observation, and then using literature study and documentation as the complement of research data. In collecting the data, researcher get informations from 2 person as the key informant which are the ownerband the headmaster, aside from that, for the complementary data, researcher do the interview to 1 secondary informant which is the Alumni. The result of this research shows public relation marketing strategy of sekolah admin online in increasing the student’s interest in business implement several steps of planning, implementation, and evaluating routin seminar activity for the community, roadshow seminar, and digital marketing curriculum program. Those activity and program are submitted to open the society’s mindset of online business and to decrease unemployment rate in society.

Keywords : Sekolah Admin Online, Marketing Public Relations, Business Interest

Abstrak. Judul penelitian ini adalah “Strategi Marketing Public Relations Sekolah Admin Online dalam Menumbuhkan Minat Bisnis Siswanyaâ€. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations yang dilakukan oleh Sekolah Admin Online dalam menumbuhkan minat bisnis siswanya. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus dengan mengacu kepada konsep marketing public relations dan manajemen dalam public relations. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi langsung ke lapangan, lalu menggunakan studi pustaka dan dokumentasi sebagai pelengkap  data penelitian. Dalam pengumpulan data tersebut peneliti mendapatkan informasi melalui dari 2 orang key informant yaitu Owner dan Kepala Sekolah, selain itu untuk  data pelengkap peneliti melakukan wawancara kepada 1 sekunder informant sebagai alumni. Hasil penelitian menunjukan strategi marketing public relations Sekolah Admin Online dalam menumbuhkan minat bisnis siswanya melaksanakan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan seminar rutin kepada masyarakat, seminar roadshow dan program kurikulum digital marketing. Kegiatan dan program tersebut ditujukan untuk membuka pola pikir masyarakat terhadap bisnis online dan untuk mengurangi angka pengangguran di masyarakat.

Kata Kunci : Sekolah Admin Online, Marketing Public Relations, Minat Bisnis


Keywords


Sekolah Admin Online, Marketing Public Relations, Minat Bisnis

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abadi, Saka. 1994, Marketing Public Relations Upaya Memenangkan Persaingan. Jakarta: Lembaga Management Feui

Agung, Silih Wasesa, Jim Macnamara. 2006. Strategi Public Relations. Jakarta : PT Gramedia.

Ruslan, Rosady. 2002. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Yulianita, Neni. 2003. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbit Universitas (P2U) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (LPPM UNISBA




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19482

Flag Counter   Â