Publisitas PT. Telekomunikasi Indonesia Jawa Barat Di Media Daring Instagram.

Fauzan Fadhilah Dzulfiqar, Wulan Trigartanti

Abstract


Abstract. The presence of social media and innovation on the internet brings changes to public relations practices that have been carried out so far. The impact of social media can be a serious consideration for an institution to expand its wings to manage online media. The importance of managing online media can be a strategy in publicizing the existence of PT. Telekomunikasi Indonesia West Java by utilizing online media, until now PT. Telekomunikasi Indonesia West Java is active in managing online media, especially on Instagram. Instagram PT. Telekomunikasi Indonesia West Java, with the name @TelkomJabar account, contains publicity or information about telkom, starting from promotions, celebratory celebrations, as a literacy tool for audiences, external and internal company activities. The research approach used in this study is a quantitative method with content analysis techniques. In obtaining data researchers conducted observations, conducted literature, and used questionnaires. The results of this research Instagram @ TelkomJabar can be reviewed in terms of creativity, diversity, quantity, visibility, and legibility.

Keywords: Content Analysis, Instagram, Indonesian Telecommunications.

Abstrak. Kehadiran media sosial dan inovasi di internet membawa perubahan terhadap praktik-praktik PR yang selama ini dilakukan. Dampak dari media sosial dapat menjadi pertimbangan serius bagi suatu lembaga untuk melebarkan sayapnya untuk mengelola media daring. Pentingnya mengelola media daring dapat menjadi strategi dalam mempublikasikan eksistensi PT. Telekomunikasi Indonesia Jawa Barat dengan memanfaatkan media daring, hingga saat ini PT. Telekomunikasi Indonesia Jawa Barat aktif dalam mengelola media daring khususnya di Instagram. Instagram PT. Telekomunikasi Indonesia Jawa Barat dengan nama akun  @TelkomJabar berisikan publisitas atau informasi mengenai telkom, mulai dari promosi, ucapan perayaan hari besar, sebagai alat literasi untuk khalayak, kegiatan eksternal dan internal perusahaan. pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis isi (content analysis). Dalam memperoleh data peneliti melakukan Observasi, melakukan Kepustakaan, dan Menggunakan Kuesioner. Hasil Penelitian ini Instagram @TelkomJabar dapat ditinjau dari kreativitas, Keberagaman, Kuantitas, Visibilitas, dan Legibilitas.

Kata Kunci: Analisis Isi, Instagram, Telekomunikasi Indonesia.

Keywords


Analisis Isi, Instagram, Telekomunikasi Indonesia. Content Analysis, Instagram, Indonesian Telecommunications.

Full Text:

PDF

References


Buku:

Dedi Supriadi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Eriyanto. 2013. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Iriantara, Yosal. 2011. Media Relations: Konsep, Pendekatan, Dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19478

Flag Counter   Â