Fotografi Analog di Era Fotografi Digital

Tengku MHD Radithya Dipoetra, Oji Kurniadi

Abstract


Abstract. This research is entitled "Analog Photography in the Age of Digital Photography". In essence the camera is one of the communication tools that are still used universally both from small children to adults. The camera is a tool for doing photography that is able to take pictures from a moment, which later this moment can be a story that is timeless and manifest in real time. These pictures or photographs will be used by someone to tell an event that has happened a long time ago, or can be said as proof that something happened. As time goes by and technology develops, cameras are increasingly becoming more sophisticated, easy to use and easy to carry. At first not everyone was able to operate a camera, this happened because the cameras in the past were large, heavy and not easy to carry everywhere, even to get a picture or photo, a photographer who uses the camera had to try hard to do the process of washing and printing into a paper that has been refined from year to year, people who use cameras in ancient times used film rolls to get a particular picture or moment that later had to be washed using liquid chemicals. Along with the development of technology, the camera experienced a fairly rapid development, after the era of analog cameras after digital cameras emerged in the digital era. In this digital era, especially in Bandung, there are a lot of people who use cameras to capture their precious moments, using camera phones and also using DSLR cameras. in this digital era photography has become very easy and practical. A photographer does not need to go through a long and difficult process to get good photos. But strangely, in this growing digital age, analog cameras are increasingly sought after by many young people. They considered that analog cameras were one of the art of photography that honed their photography talents to the next level. The purpose of this study is to determine analog photography in the digital age or the existence of analog photography in the era of digital photography. In this study the authors used a qualitative research method that aims to uncover a social phenomenon that is supported by the case study approach used by Robert K. Yin.

Keywords: Analog Cameras, Digital Cameras, Photography

Abstrak. Penelitian ini berjudul “Fotografi Analog di Era Fotografi Digitalâ€. Pada hakikatnya kamera merupakan salah satu alat komunikasi yang masih digunakan secara universal baik dari kalangan anak kecil hingga orang dewasa. Kamera merupakan alat untuk melakukan fotografi yang mampu mengambil gambar dari suatu momen, yang nantinya momen ini mampu menjadi cerita yang tidak lekang oleh waktu dan terpampang secara nyata. Gambar atau foto-foto ini lah yang nantinya digunakan oleh seseorang untuk menceritakan suatu kejadian yang telah lama terjadi, atau bias dibilang sebagai sebuah bukti nyata bahwa suatu hal pernah terjadi. Seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, kamera pun semakin hari menjadi semakin canggih, mudah digunakan dan mudah dibawa. Pada awalnya tidak semua orang mampu mengoprasikan sebuah kamera, hal ini terjadi karena kamera pada jaman dulu berbentuk besar, berat dan tidak mudah untuk dibawa kemana-mana, bahkan untuk mendapatkan gambar atau foto, seorang fotografer yang menggunakan kamera itu pun harus berusaha susah payah untuk melakukan proses pencucian dan pencetakan kedalam sebuah kertas yang telah disempurnakan dari tahun ke tahunnya, orang yang menggunakan kamera pada jaman dulu menggunakan gulungan film untuk mendapatkan sebuah gambar atau momen tertentu yang nantinya harus dicuci menggunakan cairan-cairan kimia. Seiring dengan perkembangan teknologi, kamera mengalami perkembangan yang cukup pesat, setelah jaman kamera analog telah usai muncul lah kamera digital pada era digital. Dalam era digital ini, khususnya di kota Bandung banyak sekali orang-orang yang menggunakan kamera untuk mengabadikan momen-momen berharga mereka, baik menggunakan kamera handphone dan juga menggunakan kamera DSLR. di era digital ini fotografi pun menjadi sangat mudah dan praktis. Seorang fotografer tidak perlu melalui proses yang susah dan panjang untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Tetapi anehnya, dijaman digital yang berkembang ini, kamera analog pun semakin dicari oleh kebanyakan anak muda. Mereka menilai bahwa kamera analog merupakan salah satu seni fotografi yang mengasah bakat fotografi mereka menuju tingkatan yang selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fotografi analog di era digital atau keberadaan fotografi analog di era fotografi digital ini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap suatu fenomena social yang didukung dengan pendekatan studi kasus yang digunakan oleh Robert K. Yin.

Kata Kunci: Kamera Analog, Kamera Digital, Fotografi


Keywords


Kamera Analog, Kamera Digital, Fotografi

Full Text:

PDF

References


Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Burhanuddin. (2014). Fotografi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Giwanda, Griand. 2004. Panduan Praktis Belajar Fotografi. Cetakan ke-2.

Darmawan, Ferry. (2009). Dunia dalam Bingkai: Dari Fotografi Film Hingga Fotografi Digital. Yogyakarta: Graha Ilmu

Wiksana, Wiki Angga. 2017. “Studi Deskriptif Kualitatif tentang Hambatan Komunikasi Fotografer dan Model dalam Proses Pemotretanâ€, dalam jurnal Mediator Vol. 10, No. 1, Juni 2017 (hal. 121-131).

Wiksana, Wiki Angga. 2018. “Komunikasi Verbal Fotografer dan Model dalam Proses Pemotretanâ€, dalam jurnal Nomosleca Vol. 4, No. 1, April 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19468

Flag Counter   Â