Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi Hotel Grand Keisha

Martin Wadesa, M Husein Fahmi

Abstract


Abstrak. Along with the development of technology, human life is very easy. The emergence of technology also presents gadgets, so social media appears, everything can be done with social media. Starting from communicating to using it for selling activities, as we know Instagram has grown and is widely used by people in this modern era. So that the name appears online business. Doing business with Instagram is starting to attract a lot of people, especially with the presence of the Instagram Business Tools feature. Therefore marketing and promotion activities are mostly done using social media, especially social media has become the lifestyle of today's society. Grand Keisha Hotel Yogyakarta @grandkeishayogyakarta uses. And take advantage of various interesting features on Instagram. This study uses qualitative methods with a case study approach, to examine how the use of Instagram as a promotional media for Grand Keisha Hotels, especially the use of Instagram Business Tools. In this study, researchers used three data collection techniques, namely interviews, observation, and literature studies. The validity of the data checking technique used in this study is the Triangulation technique. Based on the established research questions, it can be concluded that: (1.) The factors behind the Grand Keisha Hotel Yogyakarta in using Instagram marketing media are: Factors that encourage Hotels Grand Keisha uses Instagram because of time and cost efficiency. Instagram has also become a favorite of many people, Instagram is preferred by today's people rather than print media, much more interesting because by accessing intagram we can see everything we want clearly, starting from images, videos, locations, and information from something we want to find. The following are some posts from Instagram Grand Keisha Hotel Yogyakarta with id @grandkeishayogyakarta. (2.) Promotional techniques carried out by Grand Keisha Hotels using Instagram, namely: In this case Grand Keisha uses Direct Marketing techniques. This marketing is carried out in a more focused way, namely by doing direct promotions in accordance with the target. The media used by Grand Keisha Hotels in conducting promotions is Instagram, in this case using direct selling and mass selling. which is very much needed and applied by the Grand Keisha Hotel Yogyakarta. (3) Intagram used by Grand Keisha Hotels to increase customer loyalty with the reasons, namely: With staycation as the main attraction that makes the image and trust of customers increases. In this case the use of the Public Figure as the main attraction for achieving image, trust, and loyalty from customers. As well as displaying interesting posts about the Grand Keisha Hotel.

Keywords: Social media, qualitative, case studies, promotions.

Abstrak. Seiring dengan berkembangnya tekhnologi, kehidupan manusia menjadi sangat mudah. Munculnya tekhnologi juga menghadirkan gadget, maka muncullah media sosial, segala sesuatu dapat dilakukan dengan media sosial. Mulai dari berkomunikasi hingga menggunakannya untuk kegiatan berjualan, seperti halnya yang kita ketahui Instagram telah berkembang dan banyak digunakan oleh masyrakat di era modern ini. Sehingga muncul yang namanya bisnis online. Berbisnis menggunakan Instagram mulai banyak diminati oleh banyak orang, terlebih dengan hadirnya fitur Instagram Business Tools.Oleh karena itu kegiatan pemasaran dan promosi banyak dilakukan dengan menggunakan media sosial, terlebih media sosial telah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini. Hotel Grand Keisha Yogyakarta @grandkeishayogyakarta menggunakan. Serta memanfaatkan berbagai fitur menarik yang ada di Instagram. Penelitian ini mengggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, untuk meneliti bagaimana pemanfaatan Instagram sebagai media promosi Hotel Grand Keisha, terlebih penggunaan Instagram Business Tools. Dalam penelitiaan ini, peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu Wawancara, observasi, dan studi literature. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Triangulasi, Berdasarkan pertanyaan penelitian yang sudah ditetapkan dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1.)Faktor-faktor yang melatarbelakangi Hotel Grand Keisha Yogyakarta dalam menggunakan media pemasaran Instagram yaitu: Faktor-faktor yang mendorong Hotel Grand Keisha menggunakan Instagram yaitu karena efisiensi waktu dan biaya. Instagram juga sudah menjadi kegemaran banyak orang-orang, instagram lebih disukai masyarakat saat ini dari pada media cetak, jauh lebih menarik karena dengan mengakses intagram kita dapat melihat segala sesuatu yang kita inginkan dengan jelas, mulai dari gambar, video, lokasi, dan keterangan dari sesuatu yang ingin kita cari. Berikut ini adalah beberapa postingan dari Instagram Hotel Grand Keisha Yogyakarta dengan id @grandkeishayogyakarta. (2.)Teknik promosi yang dilakukan Hotel Grand Keisha menggunakan Instagram yaitu: Pada kasus ini Grand Keisha menggunakan teknik promosi langsung (Direct Marketing). Pemasaran ini dilakukan secara lebih terfokus yaitu dengan melakukan promosi langsung sesuai dengan target sasaran.. Media yang digunakan Hotel Grand Keisha dalam melakukan promosi yaitu Instagram, dalam hal ini menggunakan direct selling dan mass selling. yang sangat dibutuhkan dan diterapkan oleh Hotel Grand Keisha Yogyakarta. (3)Intagram digunakan Hotel Grand Keisha untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan alasan yaitu: Dengan staycation sebagai daya tarik utama yang membuat citra dan kepercayaan pelanggan bertambah. Dalam hal ini penggunaan Public Figure sebagai daya tarik utama untuk meraih citra, kepercayaan, dan loyalitas dari para pelanggan. Serta menampilkan postingan yang menarik mengenai Hotel Grand Keisha.

Kata kunci: Media sosial, kualitatif, studi kasus, promosi.


Keywords


Media sosial, kualitatif, studi kasus, promosi.

Full Text:

PDF

References


Pemasaran, Jakarta: Prenhallindo.

Kotler Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, Jakarta: PT. Indeks.

Siswanto dan Suyanto. 2016. Metode Penelitian Kombinasi Kualitatif dan Kuantitatif Pada Penelian Tindakan (PTK & PTS). Klaten: Boss Script.

Priansa, Donni J. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu, Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi IV. Yogyakarta: ANDI.

Yin, Robert K. 2012. Studi Kasus Desain & Metode, Jakarta: Raja Grafindo.

Tjiptono, Fandy. 2004. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer.

Yogyakarta : Andi.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19431

Flag Counter   Â