Hubungan Antara Grup Facebook Sehati dengan Motivasi pada Penderita Patah Tulang Kaki untuk Sembuh

Berry Mandala Putra Ekawani, Riza Hernawati

Abstract


Abstract : Facebook is one of social media sites where the users can interact in the virtual world. Facebook also make user easier to join community or group. For example city, jobs, university even to make a circle for interact and sharing information. Group SEHATI is one of facebook group which is consist of users who has (broken leg/ leg fracture) or on recovery process. This research aim is to look interaction proses between each member of SEHATI to motivates them for get recovery.Research methods that used on this research is giving questioner for 259 respondents with Simple Random Sampling. This research using descriptive analysis for respondents and (uji korelasi spearman).Finding of this research is prove that relation between social interaction variable that affect motivation of other user which cause coefficient correlation. But, from that test average of coefficient correlation value is way to low. Therefore that group need gathering to increase relation between members of Facebook Group SEHATI and also we need to held “Seminarâ€in every city for give education to the society wether they join the facebook group or not.furthermore SEHATI can become a legal foundation, so they can cooperate with government.

Key word: social interaction, social media, facebook, motivation, facebook group SEHATI

Abstrak : Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lain dalam dunia virtual. Selain itu, Facebook pun  mempermudah seseorang untuk dapat bergabung dalam komunitas atau grup. Seperti kota, kerja, kampus, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain sehingga ada pertukaran informasi.Grup SEHATI dalam Facebook adalah kumpulan individu yang tergabung dalam sebuah forum media sosial yang dimana forum tersebut anggotanya berisi individu-individu yang sedang maupun pernah mengalami patah tulang  kaki. Penelitian ini bertujuang untuk melihat hubungan antara interaksi sosial di grup Facebook SEHATI dengan motivasi pada penderita patah tulang kaki untuk sembuh.Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada 259 responden dengan metode pengambilan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dari responden dan uji korelasi spearman.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa  terdapat hubungan antara variabel interaksi sosial yang mempengaruhi motivasi sehingga menghasilkan nilai koefisien korelasi. Namun dari hasil uji tersebut nilai koefisien korelasi berada pada rata-rata tingkat yang rendah sehingga perlu diadakannya pertemuan secara langsung untuk meningkatkan hubungan pada grup Facebook SEHATI dan diadakan seminar di setiap daerah guna memberikan edukasi secara langsung kepada masyarakat baik yang tergabung di Grup SEHATI maupun yang tidak. Selain itu, semoga untuk kedapannya SEHATI menjadi sebuah yayasan yang mempuyai badan hukum, sehingga dapat bekerjasama dengan instansi pemerintah.

Kata kunci: interaksi sosial, media sosial, facebook, motivasi, grup facebook SEHATI.

 


Keywords


interaksi sosial, media sosial, facebook, motivasi, grup facebook SEHATI.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro., Komala, Lukiati, dan Karlinah, Siti. 2007. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Medika.

Bagdakian, Ben H. 2004. The New Media Monopoly. Boston: Beacon Press.

LIevrouw, Leah., Sonia, Livingstone. 2006. Handbook of New Media: Social Shaping and Social Consequencesof ICTs. Lomdon: SAGE Publication Ltd.

McQuaill, D. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika.

Morrisan. 2010. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ruben, Brent and Lea P Steward. 1998. Communication and Human Behavior. USA: Allyn and Bacon.

Santosa, Slamet. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Singarimbun, Masri & Sopian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Soekanto, Suryono. 2005. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Solomon, Michael. R. 2011. Consumer Behavior : Buying, Having and Being, 9th ed.,. New Jersey: Pearson Addison Wesley.

Sugiyono, 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19139

Flag Counter   Â