Strategi Komunikasi Tim Sukses Ridwan Kamil Dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018-2023

Pandu Nur Ramadhan

Abstract


 Abstract. West Java’s Feast of democracy annualy held every 5 years, it’s such like politicaly by the people who lived in its province of West Java. This election of West Java circumstances for the 2018-2023 period, every candidates must be have strategies of communication in their campaign. The one candidate who had huge impact for his fame used by Ridwan Kamil as he become the candidate for the West Java’s Governor. He was using an social media platform called instagram to succed his vision and mission in order to win the election.

As for this reasearch is to find out the strategy of political communication that was used by his team through the instagram that was including strategy to understand the audience, strategy arranged a persuasive message, strategy of sorting method, strategy selecting media. The methods used in this research is qualitative method with approach case studies with single-case study and single analysis unit. The data collective technique with Interview, case study, and documentation study.

The result of this research that is the ridwan kamil’s team in his campaign for the election directing to effective and succeed, seen it from the segmentation and the campaign goal in instagram, most of the voters and his followers was youngers. A persuasive message strategy Ridwan Kamil’s team, in providing the information content of the message – a message in it by evokes (Attention) and activity (Action) through the visual style of story material activities, something that evokes followers or people in social media instagram, and themes that presented interesting, so the curious followers, always remembered and liked to the information conveyed the Ridwan Kamil’s team in social media instagram. The strategy sets out a method performed by Ridwan Kamil’s team, that is the message conveyed in funly and entertaining way (interesting and entertaining), creative and casual language in order to be easily understood and accepted by the millennial, and repeatedly. Sorting and selecting media strategy Ridwan kamil’s team, a social media based on instagram because the number of followers on social media account instagram Ridwan Kamil totaled 9 million followers, social media users instagram has increased over time, and the cost of the cheaper oprasional campaign.

Abstrak. Pesta demokrasi di Provinsi Jawa Barat dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat yang dilakukan dalam kurun waktu pergantian lima tahun sekali, adalah salah satu bentuk kesadaran berpolitik khususnya bagi masyarakat Jawa Barat yang demokratis. Menjelang pilkada Jawa Barat 2018-2023, setiap calon pasangan mempunyai strategi komunikasi politik dalam berkampanye, salah satu kampanye yang popular dengan kampanye melalui sosial media instagram untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang visi dan misi Ridwan Kamil menjadi Gubernur Jawa Barat.

 

 Adapun penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang digunakan oleh tim sukses Ridwan Kamil melalui media sosial instagram, yang meliputi strategi memahami khalayak, strategi menyusun pesan persuasif, strategi menetapkan metode, dan strategi memilah dan memilih media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus dengan desain kasus tunggal dan unit analisis tunggal. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi.

 

Hasil dari penelitian ini yaitu tim sukses Ridwan Kamil dalam kampanye calon Gubernur efektif dan berhasil, dilihat dari segmentasi dan target kampanye di sosial media instagram, mayoritas followers Ridwan Kamil adalah anak muda. Strategi pesan persuasif yang dilakukan tim sukses Ridwan Kamil yaitu, dalam memberikan informasi isi pesan–pesan di dalamnya dengan membangkitkan (Attention) dan kegiatan (Action) melalui gaya visual sesuatu kegiatan, cerita materi yang membangkitkan khalayak di media sosial instagram, dan tema yang dihadirkan menarik, sehingga khalayak penasaran, selalu teringat dan menyukai terhadap informasi yang disampaikan tim sukses Ridwan Kamil dalam media sosial instagram. Strategi menetapkan metode yang dilakukan oleh tim sukses Ridwan Kamil, yaitu pesan yang disampaikan dengan cara fun (menarik dan menghibur), kreatif dan bahasa yang santai agar mudah dipahami dan diterima oleh kaum milenial, dan secara berulang–ulang. Strategi memilah dan memilih media tim sukses Ridwan kamil berdasarkan, media sosial instagram karena jumlah followers pada akun sosial media instagram Ridwan Kamil mencapai jumlah 9jt, pengguna media sosial instagram semakin meningkat dari waktu ke waktu, dan biaya oprasional kampanye lebih murah.


Keywords


Strategy, Political Communication, Social Media, Instagram

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. 2011. Komunikasi Politik Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan, Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Yogyakarta. Graha Ilmu

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hikmat, Mahi M. 2010. Komunikasi Politik. Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

J. Moleong, Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Banudng: Remaja Rosdakarya

K. Yin, Robert. 2015. STUDI KASUS: Desain & Metode. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Baswori dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Mulyana, Deddy. 2013. Metode Penelitian Komunikasi: Contoh-contoh Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tabroni. 2012. Komunikasi Politik Pada era Multimedia. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Zarella. Dan. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: Serambi.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Cetakan keduapuluhtujuh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




Flag Counter