Hubungan antara Citra Nurul Arifin dengan Minat Pemilih

Rivaldi Faisal Ghani, Wulan Tri Gartanti

Abstract


Abstract.  The legislative elections to be held on April 2019 is as one form of activity that is simultaneously held across Indonesia in particular the city of Bandung in West Java. Basically a society become voters in the pileg will likely drop their choice on someone who has a high image, because the figure of the famous will tend to be remembered by people as voters. Nurul Arifin that has a good image in the eyes of the public, doing politicking back by sitting on the highest level of legislative dibangku i.e. DPR RI dapil 1. Then research to find out how the image of Interest With Voters Nurul Arifin.

This research uses theories of self image that has dimensions, namely: Perceptual Component (X 1), Conceptual Component (X 2), Attitudional Component (X 3) Voter interest (Y). This research uses a quantitative research method, this type of research is korelasional with the data collection technique now, other literature and library studies.

With its population was 3,685 people having a sample of 97 people society RW 07 Village Babakan Tarogong Kaler Bojongloa Sub-district based on Slovin formula by setting a 10% sample of the population and other calculations. By using the technique of sampling that is random probability sampling i.e. use retrieval or random selection in any election.

As for the results of this research is the relation Image Nurul Arifin Voter interest or X or Y of 0.877 was among Criteria Guilford > 0.70-0.90 which indicates that there is a strong connection. 

 

Abstrak. Pemilihan legislatif  yang akan diselenggarakan pada April 2019 adalah sebagai salah satu bentuk kegiatan yang secara serentak diadakan di seluruh Indonesia khususnya Kota Bandung Jawa Barat. Pada dasarnya masyarakat yang menjadi pemilih dalam pileg tersebut akan cenderung menjatuhkan pilihan mereka pada pada seseorang yang memiliki citra yang tinggi, karena sosok yang terkenal akan cenderung di ingat oleh masyarakat sebagai pemilih. Nurul Arifin yang memiliki citra yang baik dimata publik, melakukan kegiatan politisasi kembali yaitu dengan duduk dibangku legislatif tingkat paling tinggi yaitu DPR RI dapil 1 Jawa Barat. Maka penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Hubungan Citra Nurul Arifin  Dengan Minat Pemilih.

Penelitian ini menggunakan Teori Citra Diri yang memiliki dimensi yaitu: Perceptual Component (X1), Conceptual Component (X2), Attitudional Component (X3) dengan Minat Pemilih (Y). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, jenis penelitian nya adalah korelasional dengan teknik pengumpulan data angket, studi pustaka dan literatur lain.

Dengan populasi nya adalah 3.685 orang yang memiliki sampel sebesar 97 orang masyarakat RW 07 Kelurahan Babakan Tarogong Kecamatan Bojongloa Kaler berdasarkan rumus Slovin dengan menetapkan sampel sebesar 10% dari populasi dan perhitungan lainnya. Dengan menggunakan teknik sampling yaitu random probability sampling yaitu menggunakan cara pengambilan atau pemilihan secara pilihan random sembarang.

Adapun hasil dari penelitian ini adalah hubungan Citra Nurul Arifin atau X dengan Minat Pemilih  atau Y sebesar 0,877 berada di antara Kriteria Guilford > 0.70 - 0.90 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat.


Keywords


Citra, Nurul Arifin, Minat, Pemilih.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdul Wahab, Muhhib dan Rahman Shaleh, Abdul. 2004. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta : Kencana.

Guilford, J. P. 1956. Fundamental Statistic in Psychology and Education. 3rd Ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.

Jersild, T. Arthur. 1961. The Psychology of Adolescence. New York: The Mac-Millan Company.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

WS Winkel. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia




Flag Counter