HUBUNGAN ANTARA TAYANGAN GOSIP SELEBRITI INSERT DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN MAHASISWA

Fadhilah Nur, Nova Yulianti

Abstract


Abstrak. Saat ini stasiun televisi di tanah air banyak menayangan acara infotainment. Salah satu tayangan infotainment yang terkenal di Indonesia adalah “Insert (Informasi Selebritis)â€. Penelitian ini berjudul Hubungan Antara Tayangan Gosip Selebritis Insert Dengan Pemenuhan Kebutuhan Mahasiswa (Studi Korelasional di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara intensitas, isi tayangan, dan kredibilitas media Insert dengan pemenuhan kebutuhan kognitif, diversi (pelepasan) dan identitas personal mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Terpaan Media Rosengreen dan Teori Uses & Gratifications Model Blumler. Metode penelitian yang digunakan yakni korelasional, yang bertujuan untuk meneliti hubungan diantara variabel-variabel dan sejauh mana variabel satu berkaitan dengan variabel lain. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fikom Unisba angkatan 2008, 2009, dan 2010. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni Sampling Berstrata (Stratified Sampling), dengan mengambil batas kesalahan 10%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 56 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi sebesar 0.767 yang berarti adanya hubungan kuat yang berarti (reliable) antara tayangan gosip selebritis Insert dengan pemenuhan kebutuhan mahasiswa. Semua indikator yang saling berhubungannya memiliki nilai korelasi dengan tingkatan yang cukup berarti.


References


Ardianto, Elvinaro dan Erdinaya, Lukiati Komala. 2005. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmat, Jallaludin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi : Dilengkapi Dengan Contoh Analisis Statistik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

________________. 2007. Psikologi Komunikasi [Edisi Revisi]. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.188

Flag Counter   Â