PERANAN MEDIA INSTAGRAM DALAM MEMBUKA BISNIS ONLINE SHOP

Raden Numidia Endah, Dadi Ahmadi

Abstract


Pada zaman modern ini banyak sekali cara untuk membuka bisnis, seperti berbisnis menggunakan fasilitas jejaring sosial, salah satunya adalah Instagram. Instagram pada awal kemunculannya hanya sebagai situs jejaring sosial berbasis sharing foto secara gratis, ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai media berbisnis online. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana peranan media Insagram dalam membuka bisnis online shop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, media Instagram memiliki beberapa faktor yang mendorong para remaja Kota Bandung untuk membuka bisnis online shop, faktor tersebut diantaranya, karena aplikasi instagram yang sedang tren dikalangan masyarakat, keefektifan media Instagram yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun, selain itu penggunaan online shop tidak memerlukan biaya yang terlalu banyak, dan sistem aplikasi Instagram  berbasis sharing foto dapat mempermudah untuk mempromosikan online shop mereka.


References


Ardianto, Elvinaro. 2007. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Fidler, Roger. 2003. Mediamorfosis. Yogyakarta : Bentang Budaya.

Mr. Bambang, 2012. Instagram Handbook. Jakarta : Media Kita

Mulyana, Dedy. 2010. Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nurudin, 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Preston, Pascal. 2001. Reshaping Communications: Tecnology, Informasi and Sosial Change. London : Sage

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sumber lain :

http://id.sejarah-instagram.org/media/Instagram

http://www.tempo.co/read/news/2014/01/27/072548613/Pengguna-Aktif-Instagram-Naik-Pesat




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.187

Flag Counter   Â