Brand Image Program Hafiz Indonesia 2019 sebagai Program Islami di Bulan Ramadhan

Angelita Apriliana, Nurrahmawati Nurrahmawati

Abstract


ABSTRACT. Hafiz Indonesia is an Al-Qur'an memorizing television program specifically for children. Hafiz Indonesia aired every Ramadan Month starting in 2013 the first season. Religious nuances in the month of Ramadan encourage television stations to present Islamic programs to provide an Islamic side in the month of Ramadan. People who tend to be interested in Islamic programs make television stations present the program. The rise of Islamic programs that aired during Ramadhan is certainly a commercial side for television stations, in order to increase telecommunication revenues. The Islamic program was shown to have another side, namely to increase the Islamic side of the audience, especially those who are Muslim. Making television programs that can be watched by all people is the basis of television in the program content development. Hafiz Indonesia makes the other side of Islamic programs that can be watched by all people, ranging from children, adolescents, to adults. Hafiz Indonesia presents memorizing Al-Qur'an children who compete in the program.

Keywords: Islamic Program, Penghafal Al-Qur'an, Hafiz Indonesia

 

ABSTRAK. Hafiz Indonesia merupakan program televisi penghafal Al-Qur’an yang dikhususkan bagi anak-anak. Hafiz Indonesia ditayangkan setiap Bulan Ramadhan dimulai pada tahun 2013. Nuansa religi pada bulan Ramadhan mendorong stasiun televisi untuk menghadirkan program islami guna memberikan sisi islami di bulan Ramadhan. Masyarakat yang cenderung tertarik pada program islami membuat stasiun televisi menghadirkan program tersebut. Maraknya program islami yang ditayangkan pada Bulan Ramadhan tentunya merupakan sisi komersil bagi stasiun televisi, guna menambah pendapatan televsinya. Program islami tersebut ditayangkan memiliki sisi lainnya, yaitu guna meningkatkan sisi islami penontonnya, khususnya yang beragama muslim. Membuat program televisi yang dapat ditonton oleh semua kalangan merupakan hal yang menjadi dasar televisi dalam pemggarapan konten program. Semakin berkembang teknologi dan keterbukaan zaman menjadikan penghafal Al-Qur’an mulai diekspos melalui media, termasuk televisi. Hafiz Indonesia membuat sisi lain dari program islami yang dapat ditonton oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Hafiz Indonesia menghadirkan anak-anak penghafal Al-Qur’an yang berkompetisi pada program tersebut.

Kata Kunci: Program Islami, Penghafal Al-Qur’an, Hafiz Indonesia


Keywords


Program Islami, Penghafal Al-Qur’an, Hafiz Indonesia

Full Text:

PDF

References


Ike Junita Triwardhani. Televisi sebagai Media “Quantum Learning” Bagi Anak. MediaTor: Jurnal Komunikasi

Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung

Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers.

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations

Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Doyle, Peter. 1998. Marketing management (4th ed.). New York: Mc Graw Hill

Mulyana, Deddy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Jefkins, Frank. (2003). Public Relations Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kasali, Rheland. (2003). Manajemen Public Relations. Jakarta. Grafiti.

Keller. Kevin Lane. 1998, Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Prentice Hall: New Jersey.

Keller, L. 1993. How to Manage Brand Equity. Jakarta: GRamedia Pustaka

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran: Jilid 2 Edisi ke-8. Erlangga: Jakarta.

Yin, Robert K. 2009. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




Flag Counter