Manajemen Public Relations di Perusahaan Outsourcing

Nesti Kresmawati, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract. PT. Sentral Wahana Artha is a company engaged in services. The role of a PR in managing the Public Relations Management process in the company PT Sentral Wahana Artha greatly influences the company running, and the company manages well the relationships created between the internal public and the external public with a managerial approach. The purpose of this phenomenon is to find out the Public Relations Management Activities in the company PT. Central Wahana Artha. The method used in this study is a qualitative method with a case study approach. The data obtained is obtained through interviews, observation, documentation, and literature. The results of this study can be concluded that 1) PR management is a quality management system in which the first PR management process is carried out, analyzing the market, planning programs, implementing 4P, building relationships, monitoring and controlling 4P, evaluating and following up, 2) In addition, the basic concept of PDCA (planning, do, check, and act) is carried out in the activity of making service products. 3) As well as the reasons for the company's importance to partners because it uses a quality management system, has ISO, and income from partners.

 

Abstrak. PT. Sentral Wahana Artha merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Peran seorang PR dalam mengelola proses Manajemen Public Relations di perusahaan PT Sentral Wahana Artha sangat mempengaruhi perusahaan tersebut berjalan, serta perusahaan tersebut mengelola dengan baik hubungan yang tercipta antara publik internal dengan publik eksternal dengan pendekatan manajerial. Tujuan dari fenomena ini adalah untuk mengetahui Aktivitas Manajemen Public Relations di perusahaan PT. Sentral Wahana Artha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta studi pustaka. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) manajemen PR yang dilakukan merupakan sistem manajemen mutu yang mana proses manajemen PR yang pertama dilakukan yaitu, menganalisis market, merencanakan program, melaksanakan 4P,  membangun relasi, mengawasi dan mengontrol 4P, melakukan evaluasi, serta tindak lanjut, 2) Selain itu, konsep dasar PDCA (planning, do, check, dan act) dilakukan dalam kegiatan program pembuatan produk jasa, 3)  Serta alasan perusahaan mementingkan mitra kerja karena menggunakan sistem manajemen mutu, memiliki ISO, serta income dari mitra.


Keywords


Manajemen PR, outsourcing, manajemen mutu, Public Relations

Full Text:

PDF

References


A, Davis. 2003. Everything You Should Know About Public Relations: Panduan Lengkap Tentang PR. Jakarta: Gramedia

Creswell, W. John. 2008. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung: Pustaka Pelajar

Kriyantono, R. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat Dan Lokal: Aplikasi Penelitian Dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Moloeng, lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rumanti, Maria A. 2002. Dasar-dasar Public Relations Teori dan Praktek. Jakarta: Grafindo

Ruslan R. 2016. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Siswanto. 2007. Pengantar Manajemen.Jakarta: PT. Bumi Aksara

Yin, K. Robert. 2015. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Undang- Undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Republik Indonesia, Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor KEP. 220/MEN/2007 tentang Syarat Penyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan Kepada Perusahaan Lain

Nasif, Khisni. 2016. “Analisis Kesejahteraan Karyawan Outsourcing Dalam Perspektif Karyawan PT Spirit Krida Indonesia”, dalam Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 4, No. 2, 2016 (hal 300-317)

Yuningsih, Ani. 2006. “Peran Strategi Public Relations dalam Membangun Kemitraan Berbasis Nilai Spiritual”, dalam Jurnal Mimbar Vol 22, No. 4, 2006 (hal 504)

Yulianita, Neni. 2002. “Pengaruh Kepemimpinan Manajer Public Relations terhadap Kualitas Manajemen Public Relations dan Korelasinya dengan Efektivitas Sistem Komunikasi Perusahaan”, dalam Jurnal Mediatos Vol 3, No. 2, 2002 (hal 235)

Wiwitan, Tresna. 2018. “Konstruksi Makna Marketing Public Relations bagi Humas Perguruan Tinggi Swasta Islam”, dalam Jurnal The Messenger Vol 10, No 2, 2018 (hal 135)




Flag Counter