HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN PROMOSI HUMAS HOTEL ENDAH PARAHYANGAN DENGAN MINAT KONSUMEN

Muhammad Bayu Rivaldi, Subur Drajat

Abstract


Abstract. Promotion is a common media used by company of services provider, such as Hotel Endah Parahyangan. Hotel Endah Parahyangan is a lodging service provider.  This research aims to disscuss “ The Relationship between Public Relation Promotion Activities at Hotel Endah Parahyangan with Consumer Interestâ€. Researcher analized promotion activities of public relation at Hotel Endah Parahyangan by using mix elements of promotion of Morrison, that is; Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Merchandaising and Public Relations. Method used is Quantitative by using correlational technique, that is relation between variables. Data collected by interviewing and giving questtionare to consumers (since January until March 2014). Sample was drawn from 929 consumers by yamane formula which resulted in 90 consumers. The research concluded that there was a Relationship between Public Relation Promotion Activities at Hotel Endah Parahyangan with Consumer Interest.

Keywords : Promotion, Public Relations and Interest

Abstrak. Promosi merupakan media yang lumrah digunakan oleh sebuah perusahaan atau penyedia barang dan jasa, salah satunya Hotel Endah Parahyangan merupakan sebuah jasa penyedia pelayanan penginapan. Salah satu unsur pariwisata yang mempunyai peranan besar didalam memberikan pelayanan bagi wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Hubungan Antara Kegiatan Promosi Humas Hotel Endah Parahyangan Dengan Minat Konsumenâ€, untuk menjawab masalah tersebut peneliti menganalisa kegiatan promosi Humas Hotel Endah Parahyangan menggunankan unsur bauran promosi yang dikemukakan oleh Morrison yaitu : Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Merchandaising dan Public Relations. Penelitian yang dipakai adalah penelitian Jenis Kuantitatif menggunakan metode korelasional yaitu meneliti hubungan antara variabel-variabel. Populasi dalam penelitian ini yaitu melakukan wawancara dengan Humas Hotel Endah Parahyangan dan memberikan angket kepada konsumen Hotel Endah Parahyangan (terhitung sejak bulan Januari hingga Maret 2014) sebanyak 929 konsumen dikerucutkan dengan rumus yamane mengambil size sebanyak 10% menjadi 90 konsumen. Dari hasil pengolahan data diatas, terdapat keseluruhan kesimpulan bahwa terdapat Hubungan Antara Kegiatan Promosi Humas Hotel Endah Parahyangan Dengan Minat Konsumen.

 

Kata kunci : Promosi, Humas dan Minat.

References


Ardhi, Yudha. 2013. Merancang Media Promosi Unik dan Menarik.Yogyakarta: TAKA publisher.

Astuti, Santi Indra dan Hasbiansya, O. 2014 “Panduan Penyusunan Skripsi, Usulan Penelitian, & Karya Ilmiahâ€. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Ikhwan Susila dan Fatchurrahman. 2004. “Service Value: Sebuah Variabel Pemediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli†Empirika, Vol. 17, No.1 Juni 2004.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana, Prenada Media Group.

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Permana, Agung Budi. 2013. Manajemen Marketing Perhotelan. Yogyakarta: CV Andi.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Whitherington. 1985. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru

Yulianita, Neni. 2005. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: LPPM UNISBA.

Sumber Lain :

http://juprimalino.blogspot.com/2013/05/definisi-pengertian-minat-menurut-para.html (Diunduh pada hari Senin, tanggal 10 Maret pukul 21.15 WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.184

Flag Counter   Â